Tim Jihandak Brimobda Sulsel menyisir kebun Dg Beta di Dusun Moncong Tanah, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa yang menjadi lokasi ditemukannya mortir aktif, Rabu (16/9/2020)

Petani di Gowa Temukan Mortir Aktif Terkubur dalam Tanah

Rabu, 16 September 2020 | 18:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Jarum jam menunjukkan Pukul 11.30 Wita. Dg Beta (65 tahun) masih tampak bersemangat membersihkan kebunnya. 

Warga Dusun Moncong Tanah, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu itu tak peduli matahari yang sudah terlihat meninggi. Di tengah keasyikannya membersihkan kebun miliknya, Dg Beta mendadak kaget.

Ia menemukan tiga mortir aktif yang terkubur di dalam tanah. Mortir itu ditemukan beserta dua proyektil besar. Tanpa pikir panjang, Dg Beta langsung melaporlan temuan tersebut ke Polsek Bontomarannu.



“Ada tiga buah mortir aktif yang ditemukan di lokasi. Dua proyektil besar,” ujar Kapolsek Bontomarannu, Iptu H Yuniarso, Rabu (16/9/2020).

Temuan mortir itu, kata Yuniarso kemudian dilaporkan ke Unit Jibom Brimob Polda Sulsel. Pada jam 13.55 Wita Unit Jibom Polda Sulsel yang dipimpin Ipda Munir tiba di lokasi. 

Mereka langsung melakukan penyisiran. Dari penyisiran itu, petugas kembali menemukan dua proyektil besar. 

“Tiga mortir dan dua proyektil besar itu sudah dibawa dan diamankan Tim Jihandak Brimob. Alhamdulillah tidak terjadi hal tidak diinginkan,” pungkas Iptu H Yuniarso.

Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola mengapresiasi tindakan Dg Beta yang telah melaporkan penemuan mortir itu ke aparat kepolisian. Sehingga dapat dilakukan penanganan agar tidak membahayakan masyarakat sekitar.(*)