Dirut PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar didampingi Dirum, Fadli Ferdiansyah, Humas PD Parkir, Asrul, dan Kabag Umum, Asraruddin M secara resmi mengangkat Irwan sebagai Pegawai, Jumat (18/9/2020)

Kisah Jukir Bernama Irwan, Jadi Pegawai PD Parkir Karena Kembalikan Uang Rp24 Juta

Jumat, 18 September 2020 | 18:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Salah seorang juru parkir (Jukir) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Irwan tengah berbahagia. Kejujurannya pun berbuah berkah. 

Dirinya kini diangkat menjadi Pegawai PD Parkir Makassar Raya. Penghargaan tersebut diberikan usai Irwan mengembalikan kantong plastik hitam berisi uang sebesar Rp24.250.000 yang ia temukan ke pemiliknya.

Pria asal Makassar ini pun bercerita. Ia mengaku jika uang yang ada di kantong plastik itu ditemukan di area parkir pusat perbelanjaan Makassar Town Square (Mtos). Ia tak sekalipun bergeming untuk mencuri uang tersebut, makanya uang itu dikembalikan.

“Saya tak punya niat untuk mengambil uang tersebut. Saya ingin bekerja dengan mencari uang halal,” kata Irwan saat ditemui di Kantor PD Parkir Makassar Raya, Jumat (18/9/2020).



Ia juga mengaku terkejut setelah membuka kantong plastik tersebut. Sebab berisikan gepokan uang dengan pecahan seratus ribu dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Setelah tahu bahwa itu adalah uang yang banyak, ia kemudian mencari pemiliknya. Ia mengatakan menemukan orang yang mondar-mandir yang tengah mencari sesuatu.

Irwan kemudian menanyakan orang tersebut apa yang tengah dicari. Setelah tahu orang tersebut mencari uang dalam kantong plastik. Lantas, ia menanyakan jumlah uang dalam kantong plastik tersebut. Orang tersebut menyebutkan secara rinci isi dalam kantongan plastik tersebut.

“Saya temukan itu uang, ini saya kembalikan dengan utuh,” kata Irwan.

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, sang pemilik pun hendak memberikan uang sebagai imbalan, namun Irwan pun menolak. Ia mengatakan tulus membantu dan tak mengharapkan imbalan.

Irwan mengaku sudah beberapa kali menemukan uang dan dikembalikan kepada pemiliknya. Selain uang, dirinya juga kerap menemukan barang belanjaan, dompet, STNK dan SIM. Namun uang sebanyak lebih dari Rp24 juta ini, baru kali ini ia temukan.

PD Parkir Makassar Raya mengangkat Irwan sebagai pegawai. Kini ia menjabat sebagai Pengawas Lapangan untuk Jukir di area Perintis Kemerdekaan.

“Kami mengapresiasi kejujuran beliau sebagai jukir. Ini yang kita butuhkan di Kota Makassar,” kata Direktur Utama (Dirut) PD Parkir, Irham Syah Gaffar.

Selain itu, Irham mengatakan saat ini harga kejujuran sangat mahal sekali. Ia menyebut Irwan adalah teladan yang patut dijadikan contoh soal kejujuran.

“Di mana pun anda berada, bila Anda jujur maka anda selalu mendapat tempat terhormat di mata masyarakat,” tutupnya.(*)