Penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Al Asyariah Mandar bekerjasama dengan Universitas Islam Makassar (UIM), di kampus Unasman Polewali Mandar, Selasa (22/9/2020)

UIM dan Unasman Mandar Sepakat Kerja Sama Kampus Merdeka

Selasa, 22 September 2020 | 18:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MANDAR, GOSULSEL.COM — Penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Al Asyariah Mandar bekerjasama dengan Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi bentuk kerja sama yang modern dalam dunia pendidikan terkhusus merumuskan konsep kampus merdeka.

Konten dari MoU antara kedua kampus yaitu, Universitas Al Asyariah Mandar dan Universitas Islam Makassar, terkait sinergi dalam tridarma perguruan tinggi. Juga bentuk kolaborasi merdeka belajar-kampus merdeka. Kerja sama kedua institusi tersebut dalam rentang waktu lima tahun ke depan.

Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Dr Hj Chuduriah Sahabuddin menerangkan, sejauh ini banyak kampus berfikit, menjalanin kerja sama dengan kampus luar negeri. Menurutnya itu tidak salah. Tetapi sinergi dengan kampus se-kota juga akan memberi implikasi yang positif.

“Saya lihatkan, ada dosen dosen Unasman alumni Universitas Islam Makassar ngajar di ke depan. Mahasiswa kita bisa saling bertukar juga,” jelasnya, usai MoU dan MoA di kampus Unasman Polewali Mandar, Selasa (22/9/2020).



Sementara itu, Rektor UIM Majdah M Zain didampingi Wakil Rektor V bidang kerjasama, Prof DR H.M Arfin Hamid SH MH , Dekan Fakultas Pertanian UIM Dr Ir Suardi Bakri MP, Kepala Biro adm. Umum dan keuangan Musdalipa M.Si Dan Kabag Humas & Kerjasama UIM dr Wachyudi Muchsin SH mengutaran, kerjasama ini disambut dengan sangat terbuka. Sebab sigergi kampus dinilainya, dalam tahap implementasi bisa lebih mudah dilakukan.

Menurut, paradigma kompetisi antara kampus sudah tidak dipake lagi. Baginya, yang ada sekarang adalah mitra. Sebab masing masing kampus sekarang punya kekhasan dan unggulan pada bidang tertentu.

“Kalau mau belajar pertanian bisa ke UIM Ini sangat bagus. Kami sangat terbuka,” ujarnya.

Kedepanya, ia berharap implementasi dari MoU dan MoA tak hanya di atas kertas, pihaknya sangat terbuka untuk menjalani sigergi ke unit kerja selanjutnya. “Dalam hal ini level fakultas hingga tingkat prodi,” jelasnya.

Selain MoU terjalin juga MoA antara Fakuktas Pertanian Unasman dengan Fakultas Pertanian UIM, FKIP UIM dengan FKIP Unasman, Fakuktas Ilmu Komunikasi UIM dengan Fakultas Komunikasi Unasman juga dilakukan pelantikan pengurus kajian cinta Al Quran Provinsi Sulawesi Barat masa khidmad 2020-2025 Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat FKCA Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi.(*)