Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat menghadiri peluncuran Virtual Grab Driver Center (GDC) di Kantor Pelayanan Pengaduan Grab Kota Makassar, Senin (28/09/2020).

Rudy Djamaluddin Ajak Sektor Usaha Ciptakan Inovasi Berbasis Protokol Kesehatan

Senin, 28 September 2020 | 19:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengajak seluruh sektor usaha untuk bangkit kembali. Mereka diminta menciptakan inovasi layanan berbasis protokol kesehatan yang mendukung lahirnya kebiasaan baru di tengah pandemi virus Covid-19.

Menurutnya, inovasi layanan menitik beratkan pada upaya mengurangi kontak langsung, menerapkan protokol kesehatan. Namun tetap memiliki daya dorong terhadap pergerakan ekonomi.

Hal ini ditegaskan Rudy saat menghadiri peluncuran Virtual Grab Driver Center (GDC). Bertempat di Kantor Pelayanan Pengaduan Grab Kota Makassar, Senin (28/09/2020).

“Saat ini kita masih terus bergulat pada upaya pengendalian virus Covid-19. Melalui berbagai inovasi, kita berharap mampu mengatasi dua problematika yang sedang kita hadapi saat ini, yani kesehatan dan pemulihan ekonomi” ujar Rudy.



Rudy menyampaikan apresiasi kepada pihak Grab Indonesia yang telah menciptakan inovasi virtual Grab Center Indonesia. Di mana berbasis pada upaya meminimalisasi terjadinya interaksi secara langsung demi mengurangi resiko paparan virus.

“Kami selalu mendukung inovasi yang menekankan pada upaya meminimalisasi terjadinya kontak langsung seperti yang dilakukan Grab Indonesia hari ini,” katanya.

“Layanan ini tidak mengurangi kualitas layanan, namun sangat efektif dalam melawan penyebaran virus. Ini yang kami inginkan, ekonomi berjalan, tapi sektor kesehatan tetap menjadi perhatian utama,” lanjutnya.

Sementara itu, Head Of Sulawesi, Grab Indonesia, Ahmad Hidayat mengatakan, layanan Virtual Grab Driver Center (GDC) diluncurkan untuk memudahkan Mitra Grab dalam mendapatkan pelayanan. Namun tetap mengedepankan pada upaya terciptanya adaptasi kebiasaan baru di era pandemi.

Sejumlah layanan virtual yang disiapkan memudahkan bagi para driver dalam mengakses sejumlah layanan seperti penggantian data Mitra, akun dinonaktifkan, dan keluhan mitra lainnya. Sebelumnya, untuk mendapatkan layanan tersebut, para driver mendapatkan layanan langsung dari operator melalui pertemuan fisik.

“Kita ingin mendukung program protokol kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam pencegahan penularan virus Covid-19. Layanan virtual yang kami siapkan ini tidak lagi mengharuskan Driver untuk melakukan tatap muka langsung dengan operator, namun cukup dengan layanan video call,” ujar Ahmad Hidayat.

Rencananya, Virtual Grab Driver Center akan ditempatkan disejumlah titik strategis di Kota Makassar. Ini demi menjangkau seluruh mitra Grab di Makassar. (*)


BACA JUGA