Pulau Lanjukang

Pertamina Dukung Upaya Pemerintah Jadikan Lanjukang Sebagai Pulau Wisata

Selasa, 29 September 2020 | 15:57 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pertamina terus mendukung upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam memajukan daerah di berbagai sektor. Salah satunya di sektor pariwisata.

Diketahui, pemerintah berencana melakukan pembenahan di Pulau Lanjukang, Makassar. Pulau tersebut nantinya dijadikan sebagai percontohan untuk pulau wisata. 

Sementara adapun kontribusi pihak Pertamina ialah mendukung sektor UMKM. Selain itu, peningkatan kualitas pendidikan untuk masyarakat Pulau Lanjukang juga dilakukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Manager Communication and CSR MOR VII Laode Syarifuddin Mursali. Ia pun membeberkan alasan pihaknya mendukung upaya pemerintah ini.



“Kami melihat potensi Lanjukang luar biasa, kami siap mendukung sektor bidang UMKM dan pendidikan. Survei pertama kami memang banyak yang perlu dibenahi,” sebutnya, Senin (29/09/2020).

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) menyebutkan bahwa Pulau Lanjukang yang indah perlu untuk ditata. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

“Maksud dan tujuan kita di sini, pertama melihat persoalan yang ada di pulau. Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah. Kita sangat tertarik untuk menata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau,” kata Nurdin.

Olehnya, pemerintah berkolaborasi seluruh pihak. Guna menghadirkan kebutuhan dasar masyarakat pulau, seperti, listrik 24 jam penuh, air bersih, sistem tranportasi, dan jaringan telekomunikasi.

Masyarakat akan diberdayakan dan dilibatkan untuk melakukan pengelolaan dengan terlebih dahulu dilakukan pemberian pelatihan. Sehingga masyarakat memiliki keterampilan.

“Jika jaringan listrik bisa kita hidupkan, maka banyak usaha-usaha bisa berkembang,” sebutnya. 

Adapun rencana pembangunan infrastruktur dan fasilitas di pulau ini antara lain, tambatan perahu, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, resort 20 buah, gazebo 50 buah, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum (arsinum), genset, ruang produksi warga, dua toilet, Sekolah Jantung Inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPAL), lampu pedestrian (jalan) 100 titik. (*)


BACA JUGA