Tim dosen beserta mahasiswa FIKOM UMI menggelar pelatihan yang diperuntukkan untuk membimbing belasan guru di SDN 133 Takalar

Tingkatkan Kompetensi Pengajar, Dosen FIKOM UMI Gelar Pelatihan untuk Guru

Jumat, 02 Oktober 2020 | 11:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

TAKALAR, GOSULSEL.COM — Sebagai upaya peningkatan kinerja pengajaran & pembelajaran di masa pandemi, dimana saat hampir keseluruhan sekolah menerapkan sistem daring, tim dosen beserta mahasiswa FIKOM UMI menggelar pelatihan yang diperuntukkan untuk membimbing belasan guru di SDN 133 Takalar.

Koordinator pelaksana yang juga Wakil Dekan III FIKOM UMI, Poetri Belluano mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk pengabdian ke masyarakat, dimana semua berawal dari kebutuhan para tenaga pendidikan yang kesulitan berinteraksi secara langsung dan kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi.

“Para Guru dituntut mandiri untuk mampu cakap menggunakan aplikasi online baik dalam menjalankan proses pengajaran sehari-hari hingga membuat pelaporan hasil studi siswa secara digital,” kata Poetri, Kamis (1/10) dalam rilisnya.

Bersama dengan timnya, Poetri mengembangkan aplikasi xSIA dengan penerapan tekologi web assembly yang dapat digunakan para guru secara mandiri dalam membuat pelaporan hasil studi siswa. “Para guru dapat meminimalisir waktunya mengisi Buku Raport lebih mudah dan praktis secara online,” sebutnya.



Poetri mengaku senang, karena para tenaga Pendidik di SDN 133 Takalar antusias dan aktif mengikuti bimtek. “Jadi selain mengenal aplikasi xSIA para guru juga dibimbing menggunakan aplikasi virtual yang marak digunakan saat ini sebagai media pengganti pembelajaran tatap muka,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Sekolah Sitti Hafidah yang ikut hadir dalam kegiatan bimtek menyampaikan peningkatan mutu pembelajaran bagi siswa khususnya SDN 133. Menurutnya, sudah menjadi tantangan bagi guru untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, walau cuma bermodal handphone semua kelas harus berjalan dan siswa tetap belajar.

Kegiatan melibatkan mahasiswa diantranya Yudha Islami, Kasmira, La Saiman, dan Irwansyah untuk mendampingi guru beserta Staf SDN 133 dalam mengikuti bimtek.

Poetri menyebutkan, kegiatan ini mulai sejak Juli – November 2020,
Untuk Bimtek berlangsung di bulan September.(*)


BACA JUGA