Outlet McDonald's Alauddin terpantau dipadati banyak pengunjung, Jumat (02/10/2020).

Diskon McDonald’s Berujung Kemacetan di Makassar

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 00:19 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kemacetan terjadi di sejumlah titik di Kota Makassar, Jumat (02/10/2020) malam. Hal tersebut dikarenakan adanya diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh McDonald’s (McD).

Berdasarkan pantauan reporter Gosulsel.com, beberapa ruas jalan menuju McDonald’s menyebabkan kemacetan. Ini terjadi hampir di setiap outlet McDonald’s yang ada di Makassar.

Di McDonald’s Karebosi misalnya. Kendaraan yang menuju ke arah Jalan Lamaddukelleng tak bisa berbelok akibat terhalangnya antrian mobil untuk memasuki McDonald’s.

Hal yang serupa juga terjadi di McDonald’s Alauddin. Di mana juga menyebabkan sepanjang jalan Sultan Alauddin mengalami kemacetan parah. 



Dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said turut mengakui jika terjadi kemacetan di pada beberapa ruas jalan. Disebabkan antrian masuk McDonald’s. 

“Iya, saya juga sempat lewat tadi, dan itu memang macet,” ucap Mario saat dihubungi.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar ini juga menyayangkan kondisi tersebut. Dikarenakan harusnya aktivitas restoran di Makassar tak mengganggu kondisi lalu lintas jalan, utamanya di jalan protokol. 

Olehnya, Mario menekankan pentingnya penegasan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) restoran. Ini jika menyebabkan kemacetan. 

“Seharusnya itu kan peninjauan di Amdal-nya tak bisa antisipasi kemacetan akibat aktivitas restoran, tapi kalau di jalan protokol, jalan nasional begitu itu tanggungjawab Balai Pelaksana Jalan Nasional,” paparnya.

Akan tetapi, Mario menegaskan imbauan kepada pengusaha restoran jika ingin mengadakan diskon. Agar bisa mempertimbangkan kondisi lalu lintas. 

Dirinya menegaskan harusnya pengusaha diberikan teguran dan imbauan jika terbukti mengganggu aktivitas lalu lintas. Sebab, banyak pengendara yang juga diresahkan.

“Iya, harusnya diberikan imbauan, atau teguran karena mengganggu aktivitas jalan, atau memperhatikan kondisi jalan jika mau melakukan diskon Drive Thru begitu,” pungkasnya. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak McDonald’s perihal masalah tersebut. Sejumlah upaya terus dilakukan untuk meminta tanggapan dari pihak McD. (*)


BACA JUGA