Tim Global Zakat - ACT memberikan bantuan kepada Rifian Efendi (35), seorang guru honorer di SD Negeri 4 Desa Mojong, Kec. Watang Sidenreng, Kab. Sidrap, Prov. Sulawesi Selatan

Salurkan Amanah Zakat, Tim Global Zakat – ACT Beri Biaya Hidup untuk Guru Honorer di Sidrap

Selasa, 06 Oktober 2020 | 23:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

SIDRAP, GOSULSEL.COM – Rifian Efendi (35), seorang guru honorer di SD Negeri 4 Desa Mojong, Kec. Watang Sidenreng, Kab. Sidrap, Prov. Sulawesi Selatan.

Rifian telah mengabdi selama 14 tahun di sekolah tersebut dengan gaji sebesar Rp250rb/bulan. Saat ini, ia tinggal bersama adiknya yang kini menjadi tanggungannya di sebuah rumah berdinding kain spanduk dan anyaman bambu. Ia dan adiknya sudah terbiasa hidup mandiri setelah ditinggal ayah dan ibunya beberapa tahun yang lalu.

Meskipun gaji yang ia terima saat ini masih jauh dari cukup, hal itu tak menyurutkan semangatnya untuk tetap peduli terhadap pendidikan generasi di daerahnya. Untuk memenuhi kebutuhannya, ia berinisiatif mencari panghasilan tambahan dengan bekerja sebagai buruh di percetakan dekat rumahnya yang ia lakukan sepulang dari mengajar, namun efek pandemi membuat usaha percetakan tempatnya bekerja kekurangan pemasukan sehingga membuat penghasilannya tak menentu.

Melalui Program Sahabat Guru Indonesia (SGI) dari Global Zakat – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan yang berfokus pada kesejahteraan para guru di Indonesia, dengan segera tim Global Zakat ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kab. Sidrap berkunjung di SDN 4 Mojong untuk menyerahkan bantuan berupa biaya hidup kepada Rifian.



Suharni selaku Staf Program Global Zakat ACT Sulsel saat dimintai keterangan mengatakan dengan adanya Program SGI, maka amanah zakat yang dihimpun dari sahabat dermawan Indonesia dapat tersalurkan secara tepat sasaran, salah satunya pak Rifian di Sidrap.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dapat menunaikan amanah zakat dari para dermawan melalui Program SGI kepada Pak Rifian Efendi berupa biaya hidup sebagai apresiasi kami kepada para guru honorer yang berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa, harapannya program ini terus berlanjut sehingga dapat menjadi penyemangat para guru honorer yang ingin berdedikasi untuk bangsa kita terutama di bidang pendidikan. Terkhusus untuk Pak Rifian Efendi semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk penunjang kebutuhan sehari-hari beliau,” ucapnya.

Melalui Program SGI Global Zakat ACT, sudah ribuan guru pra sejahtera di seluruh Indonesia yang merasakan manfaat dari program ini, kami mengajak sahabat dermawan untuk berpartisipasi dalam program ini dengan menunaikan zakatnya melalui rekening atas nama Global Zakat ke BNI Syariah # 999 000 627 atau Mandiri # 127 000 798 7090 dengan melampirkan konfirmasi bukti transfer via whatsapp ke nomor 0821 9224 1414 atau datang langsung ke kantor ACT Sulsel yang berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0411 898 6113 / 0821 9224 1414.(*)