Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi memberikan arahan disela kunjungan kerjanya di gedung rektorat Kampus UIN Samata, Gowa, Sabtu (10/10/2020)

Wamenag RI Resmikan Pencanangan Rumah Moderasi UIN Samata

Sabtu, 10 Oktober 2020 | 20:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa’adi melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Gowa, Sabtu (10/10/2020).

Dalam kunkernya itu, Wamenag meresmikan pencanangan rumah moderasi. “Dengan adanya rumah moderasi beragama dibangun dapat menyatukan umat dan sebagai media menampung ide kreatif serta wahana wawasan beragama,” ujar Zainut dalam sambutannya.

Tak hanya itu. Wamenag juga berharap, rumah moderasi beragama di Kampus UIN Samata dapat ditularkan dan dibangun oleh universitas dan instansi lainnya. Sehingga semakin mendorong terciptanya toleransi beragama di Indonesia. 

“Dan tentu saja semua agama, penganutnya pasti meyakini bahwa agamanya benar. Hal itu harus dihormati hanya dalam kehidupan sosial bersama. Bagaimana kita rukun, menjaga NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan Undang Undang Dasar 1945,” urainya.



Kunjungan kerja Wamenag RI, Zainut Tauhid Sa’adi di Kampus UIN Samata mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Pengamanan kunjungan Wamenag RI di Kampus UIN Samata dipimpin langsung Kapolsek Somba Opu, Kompol Jamaluddin.

Adapun perwira yang hadir dalam pengamanan tersebut diantaranya Kanit Sabhara Iptu Robens Kontjong,

Panit 1 Binmas Iptu Amir P dan Panit 2 Binmas Iptu H Mannyaurang, Kanit Intel, Ipda Umar, Kanit Provos, Ipda Jonathan dan anggota IK serta bhabinkamtibmas.

Kunjungan Wakil Menteri Agama RI di terimah langsung oleh Rektor UIN Prof Drs H Hamdan Juhannis M. A, Ph.D bersama para Wakil Rektor dan Civitas Akademika UIN Samata.

Kapolres Gowa, AKBP Boy F Samola mengapresiasi Kapolsek Somba Opu bersama anggotanya yang telah memberi edukasi pengamanan kunjungan Wamenag RI dengan baik.

“Pengamanan Polsek Somba Opu sangat baik. Sehingga agenda kunjungan Wamenag RI di Kampus UIN Samata¬† berjalan aman, lancar dan kondusif,” ungkap Boy.(*)