#

Sejahterakan Petani, SS-AK Gagas Medernisasi Pertanian

Minggu, 11 Oktober 2020 | 20:08 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Mayoritas penduduk Kabupaten Barru adalah petani. Olehnya itu, sejumlah program lanjutan di bidang pertanian yang terukur dan terencana telah dicanangkan pasangan nomor urut 2 Suardi Saleh – Aska Mappe (SS-AK). 

Calon Wakil Bupati Barru, Kompol (Purn) Aska Mappe, memaparkan, sebagai komitmen meningkatkan kesejahteraan petani, pihaknya sudah punya konsep yang disiapkan. Menambah dan menyempurnakan program pemerintah yang sudah berjalan selama kepemimpinan Suardi Saleh 2016-2020.

Pada sektor pertanian, lanjut dia, bakal dilakukan modernisasi dengan menghadirkan berbagai peralatan mesin canggih. Diantaranya fasilitas mesin pemotong padi dan irigasi, hingga peralatan handtraktor.

“Pengadaan peralatan – peralatan canggih ini tak lain untuk memudahkan masyarakat dalam bertani, dan ini sudah dianggarkan oleh bapak Suardi Saleh waktu jadi bupati,” ujar Aska Mappe, saat sosialisasi di Salo’moni, Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Minggu (11/10/2020).

Tak hanya itu, lanjut Aska Mappe, program Agro Techno Park (ATP) yang digagas Suardi Saleh saat menjabat Bupati Barru juga akan dikembangkan lagi, agar terus bisa maksimal dan dampak positifnya lebih luas ke para warga.

ATP adalah pusat pengembangan dari hasil pertanian yang dikelola sebagai pertumbuhan enterpreneur dan pusat pelayanan teknologi. Selain itu, program ini akan memadukan tempat wisata yang berkonsep edukasi untuk masyarakat. 

“Programnya sisa dilanjutkan di periode kedua untuk direalisasikan kembali. Makanya pilihki nomor urut dua SS – AK,” ucap peraih bintang nararia dan darmanusa di Polri ini. 

Terobosan di sektor pertanian pasangan SS – AK ini menuai pujian dan apresiasi dari sejumlah kalangan masyarakat di Kabupaten Barru. Khususnya dari kelompok tani di Salo’moni.

Lakadu, anggota kelompok tani Ittihad Salo’moni mengaku senang mendengar program yang dicanangkan SS – AK khususnya pada sektor pertanian.

Menurutnya, dengan program pengadaan peralatan mesin pertanian canggih, masyarakat akan sangat terbantu dan bisa bertani lebih efektif dan maksimal.

“De’gaga ucecca programna (tidak ada yang tidak saya suka programnya) SS – AK. Semuanya bagus. Sisa mau dipilih untuk kembali lanjutkan kepemimpinan di Barru,” katanya.

Sementara anggota kelompok tani Ittihad lainnya, Muh Rusli, mengatakan siap mendukung penuh dan memenangkan SS – AK di Pilkada Barru 2020.

“Pak Suardi Saleh sudah kasih bantuan handtraktor untuk kelompok tani di sini (Salo’moni). InsyaAllah kami siap pilih SS – AK dan doakan bisa menang,” tuturnya. (*)


BACA JUGA