Dosen Universitas Bosowa (Unibos) membantu warga Dusun Tekolabbua Desa Borimasunggu Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros untuk mengolah ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, abon dan bakso, Senin (12/10/2020)

Kembangkan Produk Unggulan Daerah, Dosen Unibos Bantu Warga Maros Olah Ikan Bandeng

Senin, 12 Oktober 2020 | 13:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAROS, GOSULSEL.COM — Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) membantu warga Dusun Tekolabbua Desa Borimasunggu Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros untuk mengolah ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, abon dan bakso.

Kegiatan tersebut merupakan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Bandeng Cabut Duri di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (12/10/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Tim Dosen Unibos termasuk Dr. Ir. Andi Abriana, MP; Dr. Ir. Erni Indrawati, M.Si dan Ir. Rahmawati Rahman, M.Si bekerjasama dengan UKM Tegar Mandiri yang merupakan UKM di bidang usaha pengolahan hasil perikanan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan sebagai pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan dan pelatihan penganekaragaman produk olahan ikan bandeng, seperti ikan bandeng cabut duri, abon ikan bandeng dan bakso ikan bandeng.



Tim Unibos juga memberi penyuluhan produk halal dan sertifikasi halal untuk memberi pemahaman kepada mitra tentang pentingnya pangan halal juga dilakukan pelabelan halal pada kemasan produk.

Pada penyuluhan ini, Tim Unibos menghadirkan Dr. Hamsina, ST.M.Si dari Fakultas Teknik Unibos.

UKM Tegar Mandiri sangat mendukung program ini karena dapat melakukan penganekaragaman hasil olahan ikan bandeng menjadi beragam produk olahan.

“Artinya ini dapat membantu kami meningkatkan nilai jual dari ikan bandeng dan secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat terutama mitra UKM Tegar Mandiri,” ujar Hamsina.(*)