Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat berfoto bersama pihak yang terlibat dalam Nikah Massal HUT Makassar di Rujab Wali Kota Makassar, Selasa (13/10/2020).

HUT Makasssar, Pemkot Bakal Gelar Nikah Massal untuk 413 Pasangan

Selasa, 13 Oktober 2020 | 22:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 413 pasangan akan dinikahkan secara massal oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-413 yang jatuh pada 9 November 2020.

Hal ini terungkap saat berlangsung pertemuan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dengan Ketua Pengadilan Agama Makassar, Muhadin. Keduanya bertemu di Rujab Wali Kota Makassar, Selasa (13/10/2020).

“Ini bagian dari upaya untuk membantu warga kita yang selama ini terkendala berbagai urusan-urusan administratif, akibat belum memiliki surat pernikahan yang legal,” kata Rudi.

“Selain itu, ini juga sangat membantu anak-anak kita mendapatkan Kartu Keluarga, atau juga surat akte kelahiran yang selama ini terkendala akibat orang tua mereka yang belum memiliki surat nikah,” sambungnya.

Ia berharap, dengan kegiatan Nikah Massal ini, persoalan-persoalan administrasi yang selama ini dihadapi masyarakat bisa diselesaikan. Ia juga mengapresiasi pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami juga mengapresiasi seluruh stakholder yang terlibat membantu warga kita dalam program nikah massal ini, baik itu Pengadilan Agama Makassar, Dinas Dukcapil, Dinas Sosial (Dinsos), serta elemen lainnya,” lanjut Rudy.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaminan Kesejahteraan Sosial Dinsos Makassar, La Heru mengatakan ,saat ini tim dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) masih melakukan pendataan di seluruh kecamatan di Makassar. Termasuk memberi kesempatan kepada pasangan yang ingin ikut dalam program ini.

“Kita memberi kesempatan kepada pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah. Silahkan berkordinasi dengan TKSK yang ada di setiap kecamatan,” kata Le Heru.

Rencananya, pelaksanaan nikah massal akan laksanakan pada bulan November. Bertempat di salah satu gedung sekolah di Makassar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*)


BACA JUGA