Mentan SYL saat melakukan pembinaan Satpam di Kantor Pusat Kementan, Jumat (16/10/2020)

Tingkatkan K3, Mentan SYL Pacu Peran Satpam

Jumat, 16 Oktober 2020 | 22:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan arahan di hadapan satuan pengamanan (Satpam) di lingkungan Kementerian Pertanian guna meningkatkan kualitas keamanan, ketertiban dan kebersihan (K3). Pasalnya K3 merupakan variabel pemicu kenyamanan dan semangat kerja.

“Saya memberi perhatian khusus atas peran Satpam dan saya harap bisa memperkuat hubungan dengan TNI dan Polri,” ungkapnya.

Menurut Mentan SYL, hubungan kerja tiga pilar ini harus semakin erat, mengingat peran Satpam sejauh ini sangat penting, terutama dalam membawa perubahan besar pada wajah pertanian Indonesia yang jauh lebih baik.

“Peranan Satpam harus ada perencanaan jangka panjang dan planning dalam menghadapi masalah, gunakan akal dalam menjalankan tugas dan perkuat hubungan dengan TNI-Polri,” ujar Mentan saat melakukan pembinaan Satpam di Kantor Pusat Kementan, Jumat (16/10/2020).



Mentan menegaskan, di tengah penyebaran pandemi Covid-19, sektor pertanian mampu tumbuh secara meyakinkan dan menjadi penyumbang terbesar dalam perbaikan ekonomi nasional. Kata dia, keberhasilan tersebut akan sulit tercapai jika tidak didukung oleh keamanan yang kuat dari Satpam lingkungan Kementan.

Menurutnya, keberadaan Satpam merupakan ujung tombak dari terciptanya sebuah situasi yang aman dan terkendali. Dengan keadaan yang aman, secara otomatis kinerja jajaran di lingkup Kementan juga ikut meningkat.

“Kementan harus menjadi kementerian yang paling hebat yang ada di seluruh Indonesia. Karena dengan keadaan kantor yang aman dan tentram kita bisa bekerja dengan maksimal,” katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan data BPS sektor pertanian pada bulan September tahun 2020 tumbuh 20,84 secara month to month (M to M) dan year on year (yoy) juga mengalami peningkatan sebesar 16,22 persen. Capaian ini tentu menjadi angin segar di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Besok kita harus pastikan ekonomi nasional dapat tumbuh dengan kekuatan pertanian yang lebih kuat,” katanya.

Sementara itu, Ridwan Mario, salah seorang anggota Satpam Kementan mengaku sangat bangga dan terpacu semangatnya setelah menyimak arahan yang disampaikan Mentan.

“Kami sangat bahagia dan merasa diperhatikan penuh bahwa keberadaan Satpam yang merupakan garda terdepan dalam menghadirkan K3 di lingkungan Kementan,” kata Mario.

Keberadaan Satpam menurutnya sangat menentukan semangat dan kinerja jajaran pimpinan dan karyawan. Ia mencontohkan misalnya, jika terjadi demonstrasi dan massa memasuki areal gedung dan ruang kerja. Peran Satpam saat itu menentukan agar tidak menimbulkan ketidaknyamann dan mengganggu konsentrasi kerja.

Oleh karena itu, Mentan meminta kepada seluruh satpam lingkup Kementan untuk memperbaiki tatanan keamanan yang ada. Salah satunya dengan meningkatkan kewaspasaan serta meningkatkan fokus kerja menjaga keamana.

“Sekali lagi terus tingkatkan kewaspadaan dan tingkatkan fokus kerjanya,” tutupanya.(*)


BACA JUGA