Launching SPBU BBM Satu Harga di Pulau Kalu Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas (SPBU 76.906.03) dan Pulau Kapoposang, Kecamatan Liukang Tupabbiring (SPBU U6.906.04).
#

Pertamina Resmikan SPBU BBM Satu Harga di Pangkep, Dijamin Terjangkau

Kamis, 22 Oktober 2020 | 23:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

PANGKEP, GOSULSEL.COM – Setelah sebelumnya PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII meresmikan Lembaga Penyalur BBM 1 Harga di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Agustus lalu, Rabu (21/10/2020) kemarin, Pertamina kembali menambah titik lembaga penyalurnya di dua lokasi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pengkep). Hal ini berarti sudah ada tiga lembaga penyalur BBM 1 Harga yang diresmikan oleh Pertamina di Sulawesi tahun 2020.

Kedua lokasi lembaga penyalur baru tersebut terletak di Pulau Kalu Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas (SPBU 76.906.03) dan di Pulau Kapoposang, Kecamatan Liukang Tupabbiring (SPBU U6.906.04). Hadir langsung pada acara launching tersebut Bupati Pangkep, Syamsuddin A. Hamid, Sales Area Manager (SAM) Retail Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Sulseltra), Addieb Arselan dan perwakilan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Di tempat terpisah, Unit Manager Comm, Rel dan CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali, menjelaskan bahwa Pertamina punya komitmen dalam menyalurkan dan mewujudkan keadilan energi di Indonesia. Olehnya, didirikan lembaga penyalur BBM 1 Harga ini.

“Pendirian lembaga penyalur di dua lokasi ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh BBM dengan harga terjangkau,” jelasnya.



Selama ini, lanjut Laode, masyarakat Pulau Kalu Kalukuang dan Pulau Kapoposang mendapatkan BBM jenis Premium dan Solar dari pengecer dengan harga Rp10.000 per liter dan Rp 12.000 per liter. Jarak ke lembaga penyalur resmi Pertamina mencapai 200 km.

“Namun kini masyarakat sudah bisa membeli BBM dengan harga yang sama dengan SPBU terdekat,” lanjutnya.

Bupati Pangkep, Syamsuddin A. Hamid, menyambut baik dengan kehadiran SPBU di kedua pulau ini. Ia berharap hadirnya SPBU tersebut mampu membantu perekonomian masyarakat.

“Kami mengapresi Pertamina dan BPH Migas karena telah mengawal proses pendirian SPBU ini hingga terealisasi. Kami berharap keberadaan SPBU ini bisa membantu menggerakkan perekonomian masyarakat lebih maju lagi,” ungkapnya.

BBM 1 Harga merupakan kebijakan yang dicanangkan pemerintah dalam menyeragamkan harga jual resmi BBM jenis Premium dan Solar. Penugasan ini diberikan kepada Pertamina untuk menyalurkan BBM ke daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) melalui pembangunan lembaga penyalur dan mengatur penyalurannya baik melalui darat, laut maupun udara. Sehingga masyarakat 3T dapat menikmati BBM dengan harga yang sama.

Pertamina sendiri menargetkan akan ada 6 titik SPBU BBM 1 Harga lagi yang akan dioperasikan di tahun 2020 ini. Lokasinya tersebar di Sulsel, Sultra, Sulteng dan Gorontalo. Sedangkan sebelumnya, tepatnya di tahun 2018 dan 2019, Pertamina telah meresmikan 18 SPBU BBM 1 Harga di 5 provinsi yang berbeda. (*)

Tags:

BACA JUGA