#

Pariwisata Barru Makin Dilirik, Begini Terobosan Suardi Saleh-Aska

Kamis, 29 Oktober 2020 | 07:48 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Pengembangan pariwisata di Kabupaten Barru menjadi salah satu fokus pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2, Suardi Saleh – Aska Mappe (SS-AK).

Menurut Suardi Saleh, Kabupaten Barru dikaruniai Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Mulai dari pegunungan, perairan, hingga daratan yang jika dikelola dengan baik akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di periode sebelumnya, Suardi Saleh telah berhasil mengembangkan potensi wisata desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Barru. Hal ini membuat Kota Hibrida tersebut mulai dilirik para wisatawan. Bahkan sudah terbentuk beberapa asosiasi tentang pariwisata. Seperti PHRI Cabang Barru.

“Potensi SDA kita besar. Pariwisata desa juga sudah kita kembangkan dengan memberdayakan Bumdes-bumdes. Harusnya ini yang kita dorong terus lebih luas lagi keterlibatan masyarakat,” kata Suardi Saleh, Rabu (28/10/2020). 



Olehnya itu kedepan, SS-AK akan memanfaatkan rumah warga di sekitar lokasi wisata untuk para wisatawan yang akan menginap atau sekadar singgah.

“Sebagai contoh di Lappa Laona. Kita mau manfaatkan rumah warga di sekitar sebagai rumah singgah. Jadi tidak ada pembangunan hotel di lokasi wisata,” jelasnya. 

Itu dimaksudkan, agar dampak dari lokasi wisata bisa meningkatkan kesejahteraan warga. Sebab jika membangun atau memberi izin untuk perhotelan di lokasi wisata, sama halnya mengurangi potensi pendapatan yang bisa didapatkan warga.

Selain itu, Suardi Saleh juga sudah membangun fasilitas pendukung di lokasi wisata maupun menuju lokasi. Diantaranya infrastruktur jalan yang bisa memudahkan para warga dan wisatawan untuk mengakses lokasi.(*)


BACA JUGA