#

Terbiasa Sejak Dulu, Aska Mappe Bisa Kunjungi 11 Titik Dalam Sehari

Selasa, 03 November 2020 | 08:36 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Stamina prima yang ditunjang kondisi fisik kuat, membuat pasangan Suardi Saleh-Aska Mappe tak terbebani jika dalam sehari banyak lokasi atau titik kunjungan yang didatangi.

Aska Mappe misalnya, bisa mendatangi 11 titik dalam sehari atau lebih dari itu. Baik di lokasi sosialisasi, blusukan, atau mampir silaturahmi di rumah warga. Tak ada raut wajah kelelahan yang ditunjukkan.

Rupanya, hal itu bukan kendala bagi Aska Mappe. Mengingat, sejak dulu sudah terbiasa ketika masih aktif di kepolisian. Termasuk saat menjabat sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Barru dan Tanete Riaja, Aska selalu turun langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Saya kalau jalan ke rumah warga atau tempat ramai seperti pasar, itu sudah terbiasa. Saya sudah melakukan itu sejak saya masih bertugas di kepolisian. Terutama ketika menjabat sebagai Kapolsek diberbagai daerah,” kata Aska, Selasa (03/11/2020).



Karena itu, Aska mengaku tidak kaget dan canggung ketika melaksanakan sosialisasi atau kampanye pada Pilkada Barru 2020 ini. Selain itu, Aska juga mengaku pernah meminta agar jadwal atau titik sosialisasi diperbanyak supaya lebih maksimal.

“Saya terbiasa ketika berinteraksi dengan banyak warga. Pekan lalu, malah saya mengunjungi 11 titik sosialisasi. Saya memang pernah minta agar jadwal itu ditambah supaya hasilnya nanti lebih maksimal. Apalagi kan memang saya ini orang lapangan,” jelasnya.

Ia menilai lebih sering turun langsung dan bertemu masyarakat itu lebih baik. Alasannya, hal itu akan membuat hubungan emosional menjadi lebih dekat, sekaligus bisa menyerap langsung aspirasi warga.

“Kalau bertemu dengan warga itu sangat baik karena secara tidak langsung kita ini membangun hubungan emosional. Dan hubungan emosional yang bagus itu sangat mahal karena dari situ akan muncul kepercayaan. Apalagi bisa merasakan langsung suka dan duka warga,” paparnya.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tanete Riaja, Lamappa mengaku jika sudah lama mengenal Aska. Menurutnya, Aska ada pribadi yang ramah, sopan tapi juga tegas dalam menjalankan tugas.

“Saya sudah lama kenal Pak Aska, ketika masih menjabat Kapolsek di sini (Tanete Riaja, red). Orangnya baik, sopan dan selalu ramah dengan warga,” kata Lamappa.

Lamappa mengaku ketika masih menjabat Kapolsek Tanete Riaja, Aska sering keliling desa untuk bertemu dengan para tokoh masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengetahui keluhan warga mengenai situasi kemanan dan ketertiban umum di setiap desa.

“Dulu, saya ingat sekali. Sekali waktu Pak Aska bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat. Itu dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Karena itu, banyak yang kenal baik Pak Aska di sini,” ungkapnya. (*)


BACA JUGA