FOTO: Anggota Komisi A DPRD Makassar, Kasrudi/GOSULSEL.COM

Komisi A DPRD Makassar Minta Netralisasi ASN Disikapi Serius di Pilkada 2020

Jumat, 06 November 2020 | 20:32 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi meminta kasus netralitas ASN perlu disikapi secara serius. Menyusul adanya teguran Kemendagri kepada 67 kepala daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020.

Kasrudi mengatakan, jangan sampai terkesan lembek dalam menindaki ASN yang menyimpang.

“Harusnya ini dikasi tegas lagi, kalau perlu pecat,” ujar Legislator Gerindra, Jumat (6/11/2020).

Pilwali Makassar menyisakan waktu kurang dari sebulan lagi. Kasrudi mengatakan, dirinya mendapat laporan tersebut dari beberapa warga yang diduga melakukan praktek politik dalam kerjanya. Namun beberapa diantaranya masih terduga hal ini belum bisa ditindaklanjuti.



“Jadi inikan kita lihat lagi, konteksnya itu apabila dia memang benar-benar sudah terbukti, pernyataan Mendagri ini kan sudah ada ASN yang tidak netral, berarti sudah terbukti, kita belum mau masuk yang rananya masih belum terbukti,” ucapnya.

Lebih jauh, Kasrudi mengatakan, penanganan kasus ASN tersebut terkesan alot.

“Penindakan yang selama ini dilakukan belum memberi contoh kongkret dalam menindak tegas para pelaku sehingga ASN lain terkesan apatis,” ujar Wakil DPC Gerindra Kota Makassar itu.

Sementara, Anggota Komisi A, Ari Ashari Ilham berjanji akan mengawal kasus tersebut hingga tuntas. Bahkan, legislator NasDem itu mengingatkan sejumlah ASN khususnya di tingkat kecamatan yang rentan terlibat.

Sehingga, Sekertaris DPD NasDem Kota Makassar itu meminta tak main-main. Pasalnya, sebelumnya ada sejumlah kasus bagaimana sosial media kerap digunakan sebagai media mendukung salah satu kandidat.

“Kami akan memantau itukan sudah ada memang bahwa me-like atau men-share di salah satu usungan kandidat itukan sudah melanggar peraturan ASN sehingga bagaimana Pj ini betul-betul menjalankan apa yang sudah menjadi aturan pembatasan ini,” katanya.(*)


BACA JUGA