Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni saat memberikan sambutan dalam Musyarawah Tani Abbulo Sibatang, Kamis (05/11/2020).

Melalui Musyawarah Abbulo Sibatang, DP2 Makassar Bahas Soal Penanaman Padi

Jumat, 06 November 2020 | 18:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelarnya Musyarawah Tani Abbulo Sibatang. Kegiatan ini berlangsung di Kelurahan Barombong, Kamis (05/11/2020).

Adapun sebanyak 70 kelompok petani yang hadir dalam musyawarah tersebut dari tujuh kecamatan, diantaranya Biringkanaya, Tamalanrea, Panakkukang, Rappocini, Manggala, Tallo, dan Tamalate. Dengan total keseluruhan petani yang datang ialah 150 orang.

Dalam musyawarah ini, Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni mengatakan, jika forum ini merupakan perkumpulan antara pihak terkait, yakni pemerintah, pakar, dan petani. Mereka membahas soal periode penanaman padi dan pangan lainnya.

“Jadi ini adalah forum perkumpulan semua pemangku kepentingan dan membahas bagaimana mencari solusi dalam melaksanakan penanaman padi,” kata Sumarni saat memberikan sambutan.



Lanjut, Sumarni mengaku telah mendatangkan pembicara yang berkompeten di bidang pertanian. Ialah Guru Besar asal Unhas, Laode Asrul. Periode penanaman padi yang baik dan mengidentifikasi masalah yang ada menjadi inti dari pembahasan.

“Lalu kemudian nantinya bisa menghasilkan paket-paket rekomendasi yang bisa dilakukan untuk masa tanam padi 2021,” sambung Sumarni.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Ia mengapresiasi apa yang dilakukan selama ini oleh DP2 untuk para petani.  

“Petani dan nelayan kita harus lebih baik, mereka inilah penyanggah ekonomi ditengah pandemi. Tanpa eksistensi petani dan nelayan, tentu kita akan semakin sulit melewati masa Covid-19,” ujar Rudy. (*)


BACA JUGA