Adnan-Kio: MPP di Dataran Rendah, Pos Pelayanan Publik di Dataran Tinggi

Sabtu, 07 November 2020 | 19:52 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM – Calon incumbent Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL-Abdurrauf Mallagani Karaeng Kio, menyiapkan program Mal Pelayanan Publik (MPP), sebagai bagian dari komitmen menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

MPP adalah unit pelayanan satu atap kepada warga. Lokasinya di dataran rendah alias Kota Sungguminasa, Kabupaten Gowa. 

MPP ini nantinya mengcover pelayanan untuk penduduk yang tersebar di 9 kecamatan dataran rendah di Kabupaten Gowa. “Jadi, warga tidak perlu repot-repot ke kantor dinas terkait. Cukup ke Mal Pelayanan Publik, semua jenis pelayanan sudah ada,” terang Adnan, saat berkampanye di Kecamatan Tinggimoncong, Jumat (6/11/202).

Di MPP, lanjut Adnan, kepentingan warga yang akan diladeni bukan soal urusan pemerintahan saja. Karena di MPP ini juga menyediakan pelayanan urusan kepolisian, kejaksaan, pengadilan negeri, pengadilan agama hingga departemen agama. 



“Jadi semua pelayanan dibuat satu atap. Untuk tahap awal pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP,” kata Adnan.

Bagaimana dengan penduduk yang berdomisili di dataran tinggi? Pasangan berjargon Doboloki ini akan membangun Pos Pelayanan Publik. Fungsinya sama dengan MPP. 

Khusus Pos Pelayanan Publik, akan tersebar di sembilan kecamatan dataran tinggi. Dengan begitu, warga yang tinggal di wilayah dataran tinggi, tidak perlu repot-repot ke ibukota. 

Adnan memberi contoh, nantinya warga Malino tidak usah lagi ke Sungguminasa kalau misalnya mau mengurus Akte Kelahiran, Kartu keluarga atau urus perizinan. “Cukup di kantor kecamatannya saja,” kata Adnan. 

Terobosan ini untuk menjawab kendala teknis yang kerap dialami oleh masyarakat di dataran tinggi, dalam hal pengurusan administrasi. 

“Sesuai teori pemerintahan, kalau kita belum bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, maka kurangi beban-bebannya dulu. Kalau kita mampu kurangi bebannya, maka Insya Allah kita akan mampu menuju daerah yang makin maju dan sejahtera,” demikian Adnan, calon bupati petahana. (*)


BACA JUGA