Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar (tengah baju hitam) dan jajarannya berfoto bersama pihak UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel saat kegiatan donor darah di Kanre Rong Karebosi, Sabtu (7/11/2020)

Sambut HUT Sulsel dan Makassar, PD Parkir Gandeng Dinkes Gelar Donor Darah

Sabtu, 07 November 2020 | 18:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya turut menyambut HUT Sulsel ke-351 tahun dan Makassar ke-413. Dengan menggandeng UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, pihaknya menggelar aksi donor darah di Kanre Rong Karebosi, Sabtu (7/11/2020).

Disampaikan Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah Gaffar, kegiatan bakti sosial (baksos) ini telah jauh hari dipikirkan oleh pihaknya. Sebab, salah satu yang paling dibutuhkan warga saat ini ialah darah.

“Harapan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” kata pria yang akrab disapa Ilo ini. 

Selain donor darah, Ilo mengungkapkan, pembagian rompi parkir dan faceshield bagi juru parkir (Jukir) juga menjadi salah satu rangkaian dalam kegiatan. Menurutnya, saat bertugas, mereka harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).



Adapun peserta donor darah ialah karyawan dan jukir PD Parkir Makassar Raya. Jumlah calon pendonor yang ada yakni sebanyak 200 orang.

“Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobin-nya rendah,” ungkap Koordinator Aksi dari UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel, dr Azwan.

Lanjut, ia menjelaskan bahwa persediaan darah di UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel memang saat ini mengalami kekurangan. Sedangkan permintaan kebutuhan darah kian meningkat. 

“Olehnya, kegiatan sosial kemanusiaan seperti ini massif dilakukan baik bekerjasama dengan instansi maupun dengan masyarakat umum. Ini untuk  mencukupi kebutuhan stok darah yang di perkirakan mencapai 2500-3000 kantong per bulan,” tambahnya. 

Di tempat yang sama, salah seorang peserta donor, Idris Dg Sijaya mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengaku rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali, baik di rumah sakit atau di kegiatan donor darah lainnya.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tutup Dg Sija.(*)


BACA JUGA