Pjs Bupati Harap Kapabilitas APIP Gowa Semakin Meningkat

Kamis, 12 November 2020 | 14:37 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Andi Aslam Patonangi berharap kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Gowa semakin meningkat. 

Hal ini disampaikannya di sela-sela menghadiri Rapat Koordinasi Pemgawasan Daerah (Rakorwasda) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Kamis (12/11/2020)

“APIP kita sudah level tiga, tinggal bagaimana kemudian fokus APIP itu pemeriksaan berbasis resiko, kemudian penguasaan manajemen resiko kita makin perkuat di APIP kita,” ujarnya.

Selain itu, Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan ini juga berharap kedepan APIP lebih diberdayakan untuk mengawal proses pemerintahan yang tentunya bekerja sama dengan semua komponen terkait dan stakeholder pengawasan. 



Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengatakan bahwa sebagai instansi pengawasan, peran APIP di pemerintahan sangat besar. Olehnya itu, mantan Bupati Bantaeng dua periode berharap APIP bisa bekerja dengan baik, profesional dan tidak tidak mudah diintervensi.

“Saya kira ini adalah bentuk dari penguatan APIP, saya meminta teman-teman APIP untuk bekerja secara profesional dan tidak mudah diintervensi. APIP ini menjadi filter dan menjadi accounting yang tahu persis isi keuangan pemerintah daerah,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam laporannya, Pelaksana Tugas Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Sri Wahyuni Nurdin mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar peran APIP, BPK dan KPK saling bersinergi agar tercipta komitmen bersama dalam mencapai tujuan serta pemahaman yang sama dalam upaya pencegahan korupsi.

Lanjutnya kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi, sinkronisasi dan sinergitas diantara penyelenggaraan pemerintahan daerah agar pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efesien, efektif dan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Selain itu, kata Hj. Sri Wahyuni Nurdin menyampaikan kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi guna mengambil langkah strategis untuk pencegahan korupsi di seluruh pemerintah daerah lingkup Pemerintah Sulsel.

“Kegiatan ini juga untuk melakukan percepatan dalam pelaksanaan program Pencegahan Korupsi yang terintegrasi maupun strategi nasional Pencegahan korupsi di provinsi Sulawesi Selatan dan melakukan akselerasi dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP,” jelasnya.

Ia berharap sasaran utama reformasi birokrasi senantiasa dapat terwujud baik peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintahan yang bersih dan KKN serta peningkatan pelayanan publik.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa yang juga menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa, Hj Kamsina di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa bersama jajaran Inspektorat Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA