Grab luncurkan program UMKM Hunt x #TerusUsaha, di Mal Ratu Indah, Makassar, Sabtu (14/11/2020)

Dorong Digitalisasi UMKM Lokal, Grab Luncurkan UMKM Hunt x #TerusUsaha di Makassar

Sabtu, 14 November 2020 | 17:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Grab, hari ini mengumumkan peluncuran program ​UMKM Hunt x #TerusUsaha ​di Makassar. Bekerjasama dengan ​Kalla Group, perusahaan terbesar di Indonesia Timur, program ini menjadi yang pertama di Makassar untuk memberikan pelatihan, kesempatan promosi, serta fokus untuk mendigitalisasi ratusan UMKM lokal Makassar agar dapat menjadi bagian dari ekonomi digital yang terus berkembang.

Program ini menjadi bagian dari kampanye ‘Siagang​’, yang dihadirkan Grab untuk merayakan hari jadi ke-413 Kota Makassar. Melalui program ini, lebih dari seratus pelaku UMKM lokal di Kota Makassar terpilih juga akan diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya dalam ​exhibition​ di Nipah Mall.

Acara peluncuran ini, dihadiri oleh H. Muhammad Jusuf Kalla​; Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejateraan Provinsi Sulawesi Selatan, ​Muhammad Firda; Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Makassar, Evy Aprialti; Managing Director of Grab Indonesia, ​Neneng Goenadi​; dan CEO Kalla Development Construction, ​Zumadi S.M. Anwar serta diharapkan dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, selain juga menggerakan ekonomi lokal. 

Neneng Goenadi, Managing Director of Grab Indonesia​, menjelaskan misi ​GrabForGood untuk teru membawa dampak positif dari teknologi bagi Makassar. “Pekan ini kami telah meluncurkan GrabTech Center di Jakarta yang menjadi pusat riset dan teknologi untuk UMKM lokal agar dapat terus bersaing. Hari ini, Grab bangga dapat membawa satu solusi ke Makassar melalui kerjasama dengan Kalla Group untuk bersama membangun program yang akan membantu UMKM terkecil sekalipun dalam proses digitalisasi mereka.

Di hari jadi ke-413 Kota Makassar, saya juga berharap kita semua dapat #TerusUsaha dalam berbagai sektor termasuk ekonomi, masyarakat, dan pariwisata. Grab terus hadir untuk Makassar, dan terus berkontribusi agar dapat maju bersama,” ujarnya.

Zumadi S.M. Anwar, CEO Kalla Development Construction​, menyambut baik kerjasama dengan Grab dalam mendukung kemajuan pelaku UMKM Kota Makassar di tengah pandemi.

“Peningkatan ekonomi tidak akan terjadi jika pemerintah dan pemangku kepentingan tidak peduli dengan keberadaan UMKM yang ada di sekitar kita. Mereka butuh ruang untuk maju dan memperluas pasar, serta memasarkan produk mereka agar mudah dijangkau oleh para pembeli. Kalla Group sangat berterima kasih kepada Grab yang telah bahu-membahu untuk mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih baik di Kota Makassar,” jelas Zumadi.

Bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, serta Dekranasda Kota Makassar, program ​UMKM Hunt x #TerusUsaha fokus pada dua hal besar​, yakni transfer ilmu dan peningkatan kapasitas, serta promosi usaha di Nipah Mall.

Melalui program tersebut, Grab memberikan Pelatihan bagi ratusan pelaku UMKM lokal ​melalui ​online webinar dan seminar ​offline yang berfokus pada peningkatan perekonomian UMKM Kota Makassar melalui ekosistem digital. Pemateri dalam seminar ini hadir dari berbagai kalangan termasuk COO PT.Kalla Inti Karsa, Ricky Theodores​; Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya; ​dan Pemilik Usaha Bagoster​, Adhe Ardiansyah​; serta Digital Content Creator, ​Tumming Abu​. 

Selain itu, untuk membantu UMKM agar lebih dikenal masyarakat, Grab dan Kalla Group ​pada Januari hingga Desember 2021 memberikan kesempatan bagi UMKM terpilih untuk mendapatkan fasilitas ​booth secara gratis di Nipah Mall agar mereka bisa memasarkan produk secara langsung kepada pembeli. 

Dukungan juga datang dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. H.M. Nurdin Abdullah, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan​, yang diwakili oleh Muhammad Firda, ​Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejateraan Provinsi Sulawesi Selatan, ​sangat mengapresiasi langkah Grab dan Kalla Group mendukung UMKM Kota Makassar.

“Pemerintah sangat berterima kasih kepada Grab dan Kalla Group atas inisiatifnya dalam memberikan dukungan dan layanan terbaiknya kepada pelaku UMKM Sulawesi Selatan. Sebagai penyumbang besar perekonomian negara, UMKM ini memang perlu diberikan dukungan dan kesempatan supaya mereka bisa semakin dekat dengan para pembelinya agar bisa meningkatkan penjualan. Saya berharap dari kerja sama ini dapat menggerakkan roda perekonomian, serta memajukan dan mampu menghadirkan pelaku UMKM baru yang memiliki kapasitas untuk bersaing dengan pasar nasional,” tutur Muhammad Firda.

Rudy Djamaluddin, PJ Wali Kota Makassar, yang diwakili oleh ​Evy Aprialti, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, juga turut memberikan apresiasi kerjasama yang digagas oleh Grab dan Kalla Group di perayaan Hari Jadi ke-413 Kota Makassar.

“Di tengah masa sulit akibat pandemi, dukungan kepada UMKM menjadi sebuah keharusan karena merekalah tulang punggung dari perekonomian. Apresiasi juga perlu diberikan kepada Grab dan Kalla Group atas dukungannya untuk memulihkan perekonomian Kota Makassar. Melalui program ini, para pelaku UMKM lokal mendapatkan ruang dan kesempatan lebih untuk berkembang dan bertahan di era tatanan hidup baru,” tukasnya.(*)


BACA JUGA