Melalui Rapat Paripurna, Ketua DPRD Gowa Pimpin Pelaksanaan HJG ke-700

Selasa, 17 November 2020 | 18:56 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM– Dalam rangka memperingati Hari Jadi Gowa Ke-700 tahun, digelar rapat Paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa dengan acara ‘Orasi Bupati Gowa’, Selasa (17/11/2020).

Hari Jadi Gowa (HJG) Ke-700 tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Gowa Religius Kita Perkuat Kolaborasi dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Demokrasi”.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin Raping. Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan HJG ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan dengan menghadirkan seluruh ASN lingkup Pemkab Gowa.

“Pada pelaksanaan peringatan Hari Jadi Gowa kali ini berbeda dari biasanya. Karena selain dihadiri oleh seluruh yang ada di ruangan ini, juga disaksikan seluruh ASN Pemkab Gowa dengan menggunakan pakaian adat di kantor masing-masing secara virtual,” ujar Rafiuddin.



Sementara itu, Pjs Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi dalam sambutannya menyampaikan, memperingati Hari Jadi Gowa yang ke-700 dengan kondisi yang berbeda dikarenakan pandemi Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga para korban Covid-19, kenyataan pahit ini menyatukan menghadapinya,” tuturnya.

Tema yang diangkat pada hari jadi Gowa ke-700, kata dia, memberikan panyadaran tentang pentingnya menggali dan menghidupkan karakter identitas budaya lokal yang sarat dengan nilai religius, yang akan menjadikan daerah Gowa memiliki jati diri dan berpengaruh serta karakter terhadap pembentukan masyarakatnya.

“Sudah saatnya menjadi akar kekuatan dalam membangun Wilayah ini, karena identitas budaya lokal adalah karakter sejati yang layak dipertahankan sebagai perisai dari identitas budaya lokal pengaruh-pengaruh luar,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA