Sahabat Netra menggelar TOT pendampingan tunanetra di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, Minggu (22/11/2020)

Sahabat Netra Gelar TOT Pendamping Tunanetra, SLB-A YAPTI: Ini yang Kami Butuhkan

Senin, 23 November 2020 | 17:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sahabat Netra menggelar Training of Trainer (TOT) pendampingan tunanetra. Kegiatan berlangsung dilaksanakan di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, Minggu (22/11/2020).

TOT pendampingan tunanetra merupakan kegiatan pelatihan yang ditujukan kepada calon relawan Sahabat Netra. Tujuannya, sebagai awal dari pengenalan dunia tunanetra serta mengenai tata cara pendampingan tunanetra.

Tema dalam kegiatan ini “Pembekalan Skill Pendampingan Tuna Netra untuk Mewujudkan Sinergitas Bersama Sahabat Netra”. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini mengajarkan mengenai penting bagi sahabat netra dalam upaya pendampingan ketunanetraan kedepannya.

Selain itu, calon relawan dapat mengetahui cara pendampingan bagi teman-teman penyandang disibiltas netra. Selaku Ketua Panitia, Awi pun mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bukti nyata kontribusi kepada negeri untuk memajukan bangsa. Khususnya dalam aspek pendidikan bagi penyandang disabilitas netra.

Selain itu, ia juga berterima kasih kepada semua pihak. Terutama organisasi yang konsentrasi terhadap isu disabilitas netra yang telah hadir dan berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan TOT ini.

“Saya ucapkan banyak terimah kasih kepada seluruh teman-teman SLB-A YAPTI, PERTUNI dan Inisiator yang sempat hadir berpartisipasi dalam menyukseskan Kegiatan ini,” ujarnya.

“Saya harap melalui kegiatan ini, kita sama sama menjadi penggerak yang peduli terhadap teman-teman peyandang disabilitas netra,” sambung mahasiswa STIE Wirabakti ini.

Awi juga berpesan, semoga kegiatan seperti ini akan terus berlangsung dan kita semua bisa sama-sama peduli. Sebab, jika bukan sesama, siapa lagi yang akan berperan dalam hal ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB-A YAPTI Subu B mengapresiasi kegiatan TOT yang telah dilaksanakan oleh Komunitas Sahabat Netra. “Kegiatan seperti ini yang dibutuhkan anak-anak kita di SLB-A YAPTI Makassar,” tutupnya.(*)