Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin

Bus Wisata di Makassar Diluncurkan Awal Desember 2020

Kamis, 26 November 2020 | 19:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal meluncurkan bus wisata gratis untuk umum. Peluncuran dijadwalkan berlangsung pada awal Desember 2020.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyebut bahwa bus wisata tersebut sementara dalam proses wrapping stiker. Menurutnya, pengerjaan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

“Iya tetap, kemarin agak tertunda sedikit kendala logo-logonya. Kit tidak mau muncul, jelek ini, kita ganti lagi. Jadi tunda sedikit, kita mantapkan desainnya,” sebut Rudy, Kamis (26/11/2020).

Untuk sementara, pihaknya menyediakan tiga bus wisata. Namun, ketiganya dipastikan langsung beroperasi setelah peluncuran.

“Ini yang kita bikin prototipe nya tiga. Tiga dulu. Tapi langsung jalan, keliling aja. Kan gratis ji,” lanjut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel ini.

Lebih jauh, penumpang nantinya dibatasi mengingat Makassar masih dilanda Pandemi Covid-19. Selain itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) juga diperhatikan.

“Banyak, kalau karena Covid-19 ini kita batasi dulu, yah mungkin sekitar 20 orang paling banyak, itu pun diwajibkan pakai masker,” beber Rudy.

Meski gratis untuk umum, namun Rudy menyebut bahwa bus ini juga bisa menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ini diperoleh melalui jasa iklan yang di berikan ruang di bodi bus.

“Kita siapkan, tetapi kedepan saya yakin dan percaya ini akan menjadi justru sumber PAD tapi tanpa Rakyat harus membayar bus. Dari mana, yah dari iklan-iklan,” lanjutnya.

“Ini akan menjadi iklan berjalan, daripada iklannya statis menjadi iklan berjalan, akhirnya orang bayar iklan. Jadi paling tidak impas,” tutup Rudy. (*)


BACA JUGA