Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Lapor Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Sosialisasi SP4N LAPOR, Pemkab Gowa Gelar Bimtek

Kamis, 26 November 2020 | 19:27 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Dalam rangka mensosialisasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) kepada masyarakat Kabupaten Gowa, Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Lapor Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Sebanyak 14 orang peserta yang merupakan perwakilan kecamatan mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina didampingi Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa, Sujaddan di Baruga Krg Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (26/11/2020).

Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa, Sujaddan menjelaskan SP4N LAPOR ini adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 dan aplikasi android dan ios dalam rangka mengawal pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintahan.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pengaduan masyarakat LAPOR kecamatan. Para pengelola LAPOR kecamatan ini harus mensosialisasikan dan memfasilitasi masyarakat tentang media pengaduan melalui aplikasi Lapor,” tambah Sujaddan.



Ia menambahkan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek ini tentu tidak terlepas dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

“Penilaian dari Ombudsman sampai hari ini kita sudah bagus karena kita sudah zona hijau, padahal tahun sebelumnya kita masih berada pada zona kuning. Tapi ini ada peningkatan pesat terutama setelah kita menggunakan aplikasi LAPOR, pengaduan bisa terpantau dengan baik dan yang lebih penting adalah dengan respon dari pihak terkait ini bisa kita cepat lakukan dan bisa lebih terarah jelas serta dapat dipertanggungjawabkan dari sisi akuntabilitas,” jelas Kabag Organisasi Setkab Gowa ini.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina menjelaskan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Gowa yang begitu luas terdiri dari dataran tinggi dan rendah tentu masyarakat sangat membutuhkan akses informasi dalam menyampaikan permasalahan yang dialami dalam menerima hak pelayanan dari pemerintah.

“Luasnya wilayah Kabupaten Gowa ini sehingga para pengelola LAPOR kecamatan mempunyai tugas untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan aduannya kepada pemerintah dengan menggunakan teknologi informasi melalui aplikasi LAPOR,” ungkap Kamsina.

Dengan sistem pengaduan Pengelolaan yang secara online ini kata Kamsina yang juga mernjabat sebagai Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa ini berharap masyarakat sudah sangat mudah dalam mengakses dan menyampaikan keluhannya kepada pemerintah daerah sebagai penyelenggara layanan apalagi jika terdapat ketidaksesuaian pelayanan yang diberikan.

“Tahun lalu, LAPOR Gowa di Indonesia termasuk yang kelima jadi saya berharap dengan dibentuknya tim Pengelola LAPOR kecamatan ini masyarakat Kabupaten Gowa dapat meningkatkan partisipasi dalam memberikan informasi demi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi pemerintah Kabupaten Gowa semakin baik kedepan,” pesan Kamsina kepada para pengelola LAPOR kecamatan.

Bimtek ini diisi dengan materi pengelolaan dan penggunaan aplikasi LAPOR dari Tim Admin LAPOR Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA