Gaji Telat Dibayar, Guru Honor SMP 3 Pallangga Meradang, Tanggapan Kasek: Bohong Itu

Jumat, 27 November 2020 | 10:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga, Gowa mulai mengeluhkan pembayaran gaji. Belakangan ini kerap telat dibayarkan oleh pihak sekolah.

Terakhir gaji untuk periode bulan September-Oktober. Hingga akhir bulan November ini belum diterima. 

“Kami tak habis pikir gaji dua bulan yang menjadi hak kami itu belum dibayarkan. Sementara Dana BOS tahap tiga sudah cair sejak bulan September,” keluh salah satu guru honor SMP Negeri 3 Pallangga yang meminta identitasnya dirahasiakan, Jumat (27/11/2020).

Ia menuturkan, sesuai kesepakatan,  guru honor di SMP Negeri 3 Pallangga dibayarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hanya saja, jika mengacu pencairan dana BOS seharusnya gaji September-Oktober itu telah diterima.



“Kami disini serba ketakutan. Kerap diintimidasi sama kepala sekolah. Diancam dipecat,” ungkapnya.

Terpisah, Kasek SMP Negeri 3 Pallangga, Burhanuddin membantah gaji guru honor di sekolahnya tak dibayarkan.

“Bohong itu,” kelitnya.

Burhanuddin mengakui bahwa kondisi sekolahnya saat ini tak kondusif. Ia mencurigai ada pihak-pihak tertentu yang ingin menjatuhkan dirinya. 

“Selalu ada yang melapor-lapor sembarang tentang SMP Negeri 3 Pallangga. Padahal semenjak saya pimpin ini sekolah, banyak sekali kemajuannya. Sekolah ini sudah punya taman dan panggung edukasi. Sebelumnya mana ada,” terang Burhanuddin.(*)


BACA JUGA