Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin melantik 6 jajaran 6 jajaran pengurus unsur kebijakan BP2M Periode 2020-2024 di Ruang Sipakalebbi Balai Kota Makassar, Senin, (30/11/2020)

Lantik Pengurus BP2M, Rudy Sebut Posisi Makassar Sama dengan Singapura

Senin, 30 November 2020 | 14:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin melantik 6 jajaran 6 jajaran pengurus unsur kebijakan Badan Promosi Pariwisata Kota Makassar (BP2M) Periode 2020-2024. Pelantikan berlangsung di Ruang Sipakalebbi Balai Kota Makassar, Senin, (30/11/2020).

Menurut Rudy, BP2M hadir sebagai lokomotif pendorong ekonomi. Ini melalui sektor pariwisata dan Investasi sesuai tagline Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada saat HUT ke-413 tahun.

pt-vale-indonesia

Kota Makassar, disebutkan Rudy, posisinya sama seperti Negara Singapura. Di mana, bertumpu pada sektoral pariwisata dan investasi. Olehnya, BP2M nantinya akan berperan melakukan promosi bagi pariwisata Kota Makassar agar terlihat lebih nyata. 

“Pondasi ekonomi Makassar terletak pada investasi dan pariwisata. Sebagai Kota jasa, Makassar bukan berbasis pada pertanian dan perikanan. Posisi Makassar hampir sama dengan Singapura yang mendorong kemajuan dengan bertumpu pada upaya memberikan kemudahan investasi dan pembenahan pariwisata,” ucap Rudy.

Rudy juga mengapresiasi komposisi pengurus BP2M Kota Makassar yang mayoritas masih berusia muda. Menurutnya, anak muda itu identik dengan spirit yang besar dan memiliki gelora yang kuat dalam berinovasi. 

“Insha Allah kami optimis BP2M Kota Makassar akan mampu membangun sinergi, baik dengan jajaran Pemkot Makassar, Pemprov Sulsel, serta seluruh stakeholder dalam upaya mendorong Makassar meraih kejayaan melalui sektor pariwisata dan investasi. Apalagi, kita juga sudah mendapatkan dana hibah untuk sektor pariwisata sebanyak Rp 46 Miliar, di mana 70 persennya itu kami akan salurkan ke hotel dan sisanya pada titik-titik tempat pariwisata yang membutuhkan,” jelasnya. 

Di tempat yang sama, Ketua BP2M Kota Makassar yang baru dilantik, Andi Rahmat Manggabarani menuturkan kehadirannya bersama jajaran yang baru dilantik memberikan warna baru. Nantinya ia berharap dapat berkolaborasi dengan semua stakeholder terkait. 

Rahmat mengaku pekerjaannya tak ringan. Sebab, harus memulihkan objek-objek wisata yang terdampak akibat pandemi Covid-19. 

“Kita berharap bisa menjadi mitra strategis dalam menjalankan program-program pariwisata Kota Makassar dan Sulsel dan tidak terjadi tumpang tindih, agar perwajahan pariwisata Kota Makassar akan lebih baik lagi dimata wisatawan lokal dan mancanegara. Apalagi dimasa pandemi ini akan menjadi fokus kami,” harapnya. 

Pengukuhan ini dihadiri sejumlah pihak terkait. Seperti Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, Ketua ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba, Direktur Poltekpar Makassar, Arifin.(*)