Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) Tahun 2020 berlangsung di Gedung Serbaguna Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar, Senin (30/11/2020)

Didampingi Sahruddin Said, Ashabul Kahfi Sosialisasi JKN-KIS ke Warga Tallo

Selasa, 01 Desember 2020 | 10:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan DPR RI, Ashabul Kahfi mensosialisasikan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) Tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serbaguna Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar, Senin (30/11/2020).

Dalam sosialisasi ini, ia didampingi oleh Anggota DPRD Makassar, Sahruddin Said. Selain itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS), Flori juga hadir menjadi narasumber.

Kahfi menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai inovasi terbaru BPJS Kesehatan. Di mana telah memberikan akses kemudahan bagi mereka di tengah pandemi Covid-19. 

“Kita dalam rangkah mengadvokasi masyarakat terkait hak dan kewajibannya di bidang kesehatan. Apalagi dengan program BPJS melalui JKN membentuk kepedulian negara terhadap masyarakat,” kata Ketua DPW PAN Sulsel ini.

“Masyarakat bisa paham untuk menjadi peserta BPJS. Peserta BPJS-kan macam-macam, ada yang Penerima bantuan (PB) ada yang Mandiri. Kalau mandiri kan bayar sendiri kalau PB itu negara. Tiap tahun negara itu mengalokasikan anggaran cukup besar untuk biasa kesehatan pada peserta KIS,” sambungnya.

Perihal, peningkatan pelayanan, ada 4 kemudahan akses bagi peserta JKN-KIS agar mereka tak perlu lagi datang ke kantor. Diantaranya, Mobile JKN, Chika, Vika, dan Pandawa. Mobile JKN, kata dia, merupakan aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon pintar masing-masing peserta JKN-KIS. 

Olehnya, melalui sosialisasi dengan tema “Gotong Royong Semua Tertolong” ini, ia berharap, program ini berjalan dengan baik. Sehingga, masyakarat pelayanan kesehatan dapat terlayani baik. Terkhusus, mereka yang kurang mampu secara finansial juga dapat dibantu.

“Harapan saya itu. Semangat BPJS itu gotong royong membantu yang sakit. Karena, ada yang di bayarkan negara dan mandiri. Nah, yang mandiri ini yg membayar tidak mampu,” tutur Kahfi.

Terakhir, Ashabul juga mengimbau seluruh warga untuk selalu menjaga kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan.

Tak hanya mensosialisasikan program JKN-KIS. Kahfi juga melakukan sosialisasi tentang Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan penanganan Covid-19.(*)


BACA JUGA