DPRD Gowa Sahkan APBD 2021

DPRD Gowa Sahkan APBD 2021

Selasa, 01 Desember 2020 | 17:03 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 disahkan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Senin (30/11/2020).

Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Gowa, Natsir Sega mengatakan pengesahan ini dilakukan setelah dilakukan pembahasan bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersama Banggar DPRD Kabupaten Gowa.

“Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa rincian APBD Kabupaten Gowa tahun anggaran 2021 sebagai berikut, Pendapatan Daerah Rp.1.841.411.192.535,- Belanja Daerah, Rp. 2.144.411.192.535,-, Pembiayaan Daerah terdiri dari Penerimaan Rp.353.000.000.000,- Pengeluaran Rp.50.000.0000.000,- Surplus Rp.303.000.000.000,- sisa lebih pembiayaan tahun berkenan Rp.0” kata Natsir Sega.

Selain itu, Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga mengaparsi TAPD dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah bersedia memberikan penjelasan pada pembahasan RAPBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 selama beberapa hari.



“Kami berharap kedepan sinergitas ini senantiasa dapat berjalan dengan baik demi terselenggaranya Pemerintahan di Kabupaten Gowa yang efesien dan efektif,” lanjut Natsir Sega.

Walaupun demikian, mewakili Banggar DPRD Kabupaten Gowa dirinya tetap menyampaikan sejumlah saran dan masukan. Salah satunya ada semua program-program yang ada di SKPD agar tetap menyesuaikan dengan visi dan misi Bupati Gowa yang dituangkan di dalam RPJMD.

“Perlu juga menjadi perhatian oleh Pemerintah objek wisata yang berpotensi menambah dan meningkatkan PAD, seperti Lembanna Malino, Ere Bambang Pencong dan masih banyak lagi objek wisata lainnya yang perlu perhatian khusus,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran legislatif atas disahkan APBD Kabupaten Gowa tahun 2021 ini. Menurutnya selesainya APBD Tahun Anggaran 2021 ini berkat kerjasama dan sinergitas yang baik antara eksekutif dan legislatif.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan Sulawesi ini berharap sinergitas tetap terjalin dengan baik agar bisa membangun Kabupaten Gowa dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Dirinya juga menyampaikan apa yang menjadi saran dan masukan akan menjadi perhatian dan bahan evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Gowa guna penyempurnaan pelakasanaan tugas-tugas sepanjang tahun anggaran 2021.

“Namun yang paling penting bagi kita semua adalah setiap rupiah yang kita sepakati pada malam hari ini akan dikelola secara efektif, efesien serta akuntabel sepenuhnya untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Gowa,” tandasnya.

Selain itu pada kesempatan ini juga dilaksanakan Rapat Paripurna tentang Penetapan Rencana Kerja DPRD Kabupaten Gowa Tahun 2021, Penetapan Program Pembentukan Perda (Propemperda) Tahun Anggaran 2021.(*)

Tags:

BACA JUGA