Ilustrasi vaksin Coronavirus

Tunggu Juknis, Pemkot Segera Distribusi Vaksin Covid-19 di Makassar

Jumat, 04 Desember 2020 | 12:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA) telah ke seluruh Bupati dan Wali Kota untuk mengatur lebih dini jalur distribusi vaksin Covid-19 sebelum disalurkan nantinya. Namun, itu masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) pemerintah pusat.

Sama halnya yang disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Perihal pemberitahuan ketersediaan vaksin belum ada, hanya ada informasi sasaran pemberian vaksin.

“Kita belum dapat informasi soal vaksin, masih menunggu ini juknis dan juklak soal distribusi vaksin ini,” kata Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said, Kamis (3/12/2020).

Dijelaskan Agus, pemberian vaksin ke daerah termasuk Kota Makassar merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Sasaran vaksin, berdasarkan informasi itu ialah tenaga kesehatan dan TNI/Polri akan terlebih dahulu diberi vaksin.



Lalu, Sekertaris Dinkes Kota Makassar ini juga mengatakan bahwa vaksin akan menyasar kepada orang-orang yang terkonfirmasi Covid-19. Selanjutnya, tim akan mentracking kembali untuk penentuan pemberian vaksin selanjutnya.

“Belum ada jumlah vaksin untuk Kota Makassar. Yang pasti, kita akan konsultasi dengan tim ahli mana yang prioritas untuk diberikan vaksin,” tandasnya.

Ditanya soal distribusi vaksin, kata Agus, semua instruksi terkait vaksin akan dituangkan dalam juknis dan juklak dari pemerintah pusat. Pemkot akan terus koordinasi dengan Pemprov soal vaksin Covid-19.

“Kan kalau dari Kemenkes itu akan ada juknis, itu yang kita masih tunggu karena itu (juknis) akan kita pedomani,” tutup Agus.(*)


BACA JUGA