Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr Salam

Masuk Zona Hijau, Dinas Pendidikan Gowa Segera Rampungkan Regulasi Sekolah Tatap Muka

Sabtu, 05 Desember 2020 | 19:38 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa segera merampungkan aturan baru terkait pemberlakuan sekolah tatap muka. Hal ini merujuk pada pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Nadiem Makarim atas Surat Keputusan Bersama (SKB) terbaru terkait pemberlakuan sekolah tatap muka pada 2021.

“Khusus di Kabupaten gowa, sekarang sudah masuk zon hijau. Meskipun demikian, kita tidak langsung membuka begitu saja. Kita sekarang ini sedang menyusun draft yang nantinya akan diajukan menjadi Perbup (Peraturan Bupati) mengenai tradisi baru penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Gowa. Semoga minggu ini sudah selesai,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr. Salam saat ditemui di ruangannya. Jum’at (4/8/2020)

pt-vale-indonesia

Adapun draft yang berisi tradisi baru tersebut merupakan aturan tentang penerapan protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan setiap sekolah. Antara lain, wajib masker bagi semua warga belajar, ketersediaan cuci tangan dan sabun di masing-masing kelas, serta penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungan sekolah.

“Selain itu, di dalam kelas juga harus disiapkan sosial distance, yaitu menjaga jarak antara bangku satu dan bangku yang lain yang harus diatur sedemikian rupa. Ini juga punya aturan tersendiri, makanya kita juga butuh regulasinya,” tambah Salam.

Ia mengatakan, persoalan sosial distance dalam kelas terdapat tiga pilihan yang masih dalam tahap diskusi, pertama membagi jumlah siswa dalam satu kelas, membagi jadwal masuk berdasarkan hari, atau mengurangi jumlah kompetensi dasar per mata pelajaran sehingga beban guru tidak terlalu banyak.

“Misalnya, kalau di kelas itu jumlahnya 30 siswa, maka sekarang akan dibagi menjadi dua kelompok. Jam pertama masuk 15 siswa, jam kedua masuk sisanya,” jelasnya.

“Jadi semua ini akan tercantum dan terurai secara jelas di regulasi yang akan kita buat. Dan memang insyaallah, apa yang akan kami buat ini diminta oleh bapak Gubernur agar bisa menjadi role model untuk daerah daerah lainnya,” tambahnya. (*)


BACA JUGA