Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni saat membuka Pelatihan Keselamatan Kerja Nelayan di Maleo Function Room Lantai 5 Hotel Grand Maleo, Senin (14/12/2020)

Rawan Kecelakaan, DP2 Makassar Tekankan Keselamatan Kerja Bagi Nelayan

Senin, 14 Desember 2020 | 18:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menekankan pentingnya keselamatan kerja bagi Nelayan. Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Kepala DP2, Sumarni.

Sumarni menyebut bahwa banyak nelayan yang kerap kali tak memperhatikan keselamatannya saat melaut. Olehnya, mereka pun perlu diingatkan.

“Itu keselamatan kerja, bagaimana nelayan kita dilengkapi peralatan kalau turun ke laut itu intinya,” jelas Sumarni saat ditemui di Pelatihan Keselamatan Kerja Nelayan di Maleo Function Room Lantai 5 Hotel Grand Maleo, Senin (14/12/2020).

Lebih jauh, Sumarni mengatakan bahwa perlu bagi para Nelayan untuk dilengkapi sejumlah peralatan keamanan. Terkhusus mereka wajib memiliki life jacket atau jaket pelampung.

“Karena banyak nelayan kita ketika mereka turun, menganggap enteng, tidak dilengkapi peralatan, yang itu perlu. Jangan sampai ada cuaca buruk. Apalagi ini musim hujan,” sambung Sumarni. 

Untungnya, kata Sumarni, pihaknya akan disokong bantuan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Adapun bantuan yang diajukan ialah pengadaan life jacket untuk Nelayan.

“Saya minta bantuan ke Provinsi untuk itu tadi seperti life jacket yang dimaksud,” tutup Sumarni. 

Sementara itu, Pelatihan Pelatihan Keselamatan Kerja Nelayan dihadiri oleh kelompok nelayan yang berada di seluruh pesisir kota Makassar. Termasuk mereka yang berada di Kepulauan Sangkarrang.(*)


BACA JUGA