Mentan SYL menerima penganugerahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award pada Tingkat Madya Kategori Kemitraan pada Selasa (15/12/2020)

Kembali Raih Penghargaan, Kementan Diganjar KPPU Award 2020

Selasa, 15 Desember 2020 | 16:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menerima penganugerahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award pada Tingkat Madya Kategori Kemitraan pada Selasa (15/12/2020).

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari Diseminasi dan Penganugrahan Adaptasi Persaingan Usaha Sehat dan Pola Kemitraan Ideal dalam Kebijakan Pemerintah.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menganugerahi KPPU Award kepada berbagai lembaga di pemerintahan pusat dan provinsi guna mengapresiasi dukungan dan upaya pemerintah mendorong nilai-nilai persaingan usaha menjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi yang sejalan dengan prinsip persaingan usaha sehat. 

Kementerian Pertanian( Kementan) di bawah kepemimpinan Mentan SYL dinilai berhasil melakukan upaya dalam menegakkan persaingan usaha melalui membangun kemitraan usaha, korporasi petani, termasuk pelayanan perijinan online, pengadaan e-katalog, wirausaha petani milenial, hilirisasi produk pertanian skala rumahan dan industri kecil, transparansi, dll.

“Suatu penghargaan yang luar biasa kami menerima penghargaan KPPU Award 2020 ini. Penghargaan ini sangat penting karena mencerminkan sebuah proses di Kementerian Pertanian dengan baik dan kerja sama dengan mitra. Pertanian menjadi kekuatan negara dan tahun 2020 hingga tahun berikut dengan semangat KPPU Award ini menjadi kekuatan bagi petani di seluruh Indonesia untuk menyediakan pangan 273 juta lebih penduduk Indonesia,” demikian dikatakan Mentan SYL dalam acara penganugerahan tersebut.

“Oleh karena itu, terima kasih untuk KPPU. Ini menggambarkan transparansi dan partisipasi yang kuat dalam jajaran Kementan dan lembaga usaha yang terkait pertanian. Izinkan saya mendedikasin juga KPPU Award ini kepada para gubernur dan bupati yang telah membatu. Sy dedikasikan juga kepada seluruh jajaran Kementerian Pertanian, mereka inilah yang berhasil,” sambung SYL.

Selain itu, perolehan penghargaan ini turut menambah prestasi kinerja Kementan. Dalam periode tahun 2020 juga berhasil memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional. Data BPS mencatat sepanjang Januari hingga September 2020, kontribusi PDB pertanian tersebut sebesar 2,15%, sementara perhatian pertumbuhan sektor lain yakni perdagangan -5,03%, konstruksi -4,52%, jasa keuangan -0,95%. Selanjutnya, Nilai Tukar Petani (NTP) sepanjang Oktober 2020 naik 0,58% atau 102,25, dibandingkan NTP September 2020 sebesar 101,66. Begitupun Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) untuk periode pada November 2020 secara keseluruhan naik 0,84%.

Di tahun 2020 ini, selain meraih penghargaan KPPU, Kementan juga telah meraih banyak penghargaan selama Kepemimpinan Mentan SYL. Yakni penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) atas capaian sebagai Badan Publik Informatif, TOP Digital Implementation on Ministry 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan Kementan sebagai kementerian terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik selama tahun 2019. 

“Kementan juga berhasil meraih kembali penghargaan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Nasional oleh Menteri PAN-RB di 4 Unit Pelaksana Teknis,” beber SYL.

Perhargaan lainnya, sambung SYL, yakni Kementan menerima penghargaan dengan kategori AA (Sangat Memuaskan) pada Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kementan pun meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Komisi Pemberantasan Korupsi memberi penghargaan pun kepada Kementan berupa Sertifikat bertajuk Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK). Kemudian mendapat penghargaan Pengelolaan Barang dan Jasa 2020 dengan kategori paling transparan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). 

“Kementan meraih peringkat pertama penghargaan Komisi Informaai Pusat sebagai Kementerian Paling Informatif tahun 2020. Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik oleh Menteri PANRB, sebagai 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2020 diraih Kementan,” sebut SYL.

Perlu diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun dianugerahi penghargaan dedikasi dan pengabdian tanpa batas dalam acara Gatra Awards 2020. Mentan SYL mendapat apresiasi besar sebagai menteri yang mampu mendorong ketahanan serta ekapor pangan selama pandemi Covid-19.(*)


BACA JUGA