PLN Sulselrabar

PLN Sulselrabar Jamin Pasokan Listrik Jelang Nataru Aman

Selasa, 15 Desember 2020 | 09:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat menjamin pasokan listrik menjelang Natal 2020 serta Tahun Baru 2021 tetap aman.

Kesiapan pasokan listrik telah didukung dengan Sistem kelistrikan di Sulawesi bagian Selatan, dengan total Daya Mampu mencapai 1.927 MW, Beban Puncak sebesar 1.347 MW serta memiliki reserve margin atau cadangan daya sebesar 581 MW. Besaran daya tersebut, juga didukung dengan 45 Gardu Induk serta 383 penyulang di Sulselrabar sehingga dapat memperkuat sistem kelistrikan yang andal.

pt-vale-indonesia

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu mengatakan seluruh Unit Induk Wilayah harus mendukung kesiapan serta kesiagaan dalam menjamin pasokan listrik menghadapi Natal 2020 dan tahun baru 2021 agar tetap andal.

“Untuk Natal, akan dimulai pada tanggal 24 – 26 Desember 2020, sedangkan Tahun baru, akan disiagakan pada tanggal 31 Desember – 2 Januari 2020,” ujarnya.

Selain dari sistem kelistrikan, PLN UIW Sulselrabar telah menyiapkan beberapa SOP untuk kesiagaan dalam menjaga pasokan listrik andal selama Nataru, diantaranya menyiapkan posko siaga, Pemeliharaan sistem telekomunikasi selama 24 jam.

PLN UIW Sulselrabar sudah menyiapkan 308 posko Natal dan Tahun Baru beserta 2.555 personelnya di seluruh unit Sulselrabar, termasuk Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) untuk jaringan distribusi 20 kV yang terdiri dari 2 Tim Sentuh Langsung dan 5 Tim Metode Berjarak untuk mempercepat penanganan gangguan.

Tidak hanya itu, PLN UIW Sulselrabar juga menyiagakan 58 Unit Gardu Bergerak (UGB), 33 Uninterruptible Power Supply (UPS), 15 Unit Crane, 250 Unit mobil pelayanan, 129 Unit Motor pelayanan dan 139 unit genset sebagai back up apabila terjadi gangguan.

PLN UIW Sulselrabar telah melakukan upaya pemeliharaan terpadu yang telah dilakukan yakni pemeliharaan jaringan distribusi 20 kV sebanyak 15.750,4 kms serta 2.535 Gardu Distribusi guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke pelanggan.

“Disetiap unit, Kami melakukan upaya pengecekan terpadu dan pelaporan monitoring setiap harinya pada sistem jaringan distribusi 20 kV, guna menjaga kontinyunitas penyaluran listrik ke masyarakat,” tegas Senior Manager Distribusi, Muhammad Taqwa.

Untuk mempercepat pengaduan  pelanggan, PLN UIW Sulselrabar telah menghadirkan Command Center PLN guna menindaklanjuti penanganan gangguan atau keluhan pelanggan khususnya di Kota Makassar (diresmikan pada 26 Oktober 2020).

“Kami yakin dengan kesiapan sistem kelistrikan dan kesiagaan inilah, PLN sangat siap mendukung pengamanan kelistrikan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 ini,” jelas Ismail.

Selanjutnya, untuk kemudahan informasi penanganan gangguan dan keluhan kelistrikansilahkan menghubungi call center di telepon (kode area)+123, PLN Mobile, website www.pln.co.id, email [email protected], Facebook PLN 123, dan Twitter @PLN_123.(*)


BACA JUGA