DP2 Kota Makassar menggelar Pelatihan Juru Sembelih Hewan di Lantai 18 Hotel Arthama, Rabu (17/12/2020)

Pastikan Hewan Sehat dan Aman Disembelih, DP2 Makassar Latih Juru Sembelih

Kamis, 17 Desember 2020 | 11:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar Pelatihan Juru Sembelih Hewan. Bertempat di Lantai 18 Hotel Arthama, Rabu (17/12/2020).

Adapun tujuan kegiatan ini digelar, disampaikan Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni, ialah agar juru sembelih melakukan penyembelihan dengan baik dan benar. Dan tetap sesuai syariat Islam.

“Untuk supaya penyembelihan secara syar’i dan tidak kalah pentingnya Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH) itu yang utama,” kata Sumarni. 

Kegiatan ini, kata Sumarni, juga berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar. Di mana, juru sembelih dijelaskan terkait prosedur dan ketentuan dalam pemotongan hewan.



“Secara teknis atau prosedur itu DP2 yang jelaskan. Secara syariat Islam ranahnya MUI,” sambung Sumarni.

Dalam pelatihan ini, Sumarni juga menjelaskan bahwa para penyembelih mesti memiliki sertifikat pemotongan hewan. Ini sebagai bukti bahwa mereka sudah memenuhi syarat untuk melakukan penyembelihan. Pihaknya juga telah membuat surat edaran.

“Iya kan sebenarnya itu ada edaran kepada pemotong itu, sertifikat itu pemotong hewan,” tutup Sumarni.

Sebelumnya, Ketua MUI Kota Makassar, AGH Baharuddin AS menyebut salah satu kesalahan yang kerap dilakukan bagi juru sembelih. Ialah kebanyakan tidak membaca basmalah sebelum memotong.

“Karena mau mempercepat sehingga tidak memperhatikan bacaan basmalah sehingga tidak memperhatikan,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA