Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto melihat langsung ketika salah seorang warga binaan, Bayu dan Saiful merakit kusen, jendela dan pintu berbahan HPL, Kamis (17/12/2020)

Asah Kreatifitas, Warga Binaan LPKA Maros Rakit Kusen Aluminium

Jumat, 18 Desember 2020 | 11:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengapresiasi enam orang warga binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Sebab, mereka dilatih merakit kusen aluminium. 

Harun melihat langsung ketika salah seorang warga binaan, Bayu dan Saiful merakit kusen, jendela dan pintu berbahan HPL, Kamis (17/12/2020). Di mana merupakan pesanan salah satu instansi pemerintah di Kabupaten Maros. 

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Jayadi mengatakan sudah sekitar dua minggu ini mereka latihan.  Selama itu pula, mereka telah menerima pesanan. 

“Kebetulan salah satu warga binaan disini, Bayu sudah bisa sebelum masuk LPKA. Jadi yang lima orang itu dilatih oleh Bayu,” kata Jayadi yang sebentar lagi akan mutasi ke LPKA Ternate. 

“Selain itu, warga binaan pemasyarakatan juga  dilatih  pertanian berupa bertanam sawi hijau. Hasilnya dijual per ikat seharga Rp1000 per ikatnya,” lanjut Jayadi. 

Sementara, Harun Sulianto meminta Kepala dan jajaran LPKA Maros untuk menjaga  stabilitas keamanan. Dengan cara meningkatkan koordinasi dengan Polisi setempat utamanya menjelang tahun baru dan natal. 

“Penuhi seluruh hak-warga binaan. tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes) untuk cegah Covid-19. Pakai masker, mencuci tangan dengam sabun dan air mengalir , hindari kerumunan, serta jaga jarak aman,” jelasnya. 

“Petugas memiiki risiko sebagai pembawa virus (carrier) kepada warga binaan  di dalam lapas untuk itu patuhi prokes,” tutup Harun.(*)


BACA JUGA