Belajar Kearifan Lokal, #Gerakan1001Buku Berkunjung ke Desa Kajang

Rabu, 23 Desember 2020 | 18:23 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM—Gerakan 1001 Buku kembali menjalankan program kunjungan ke Desa. Kali ini, tim melakukan kunjungan ke Desa Kajang, Bulukumba yang berkolaborasi dengan Komunitas Lingkar Merah Putih Ri Tanah Kamase-Masea.

Dalam kunjungan ini, Tim Gerakan 1001 Buku akan mendonasikan buku-buku yang telah dikumpulkan ke perputakaan mini yang dikelola oleh masyarakat setempat. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yakni 25-26 Desember.

Founder Gerakan1001Buku, Al Adi Fitrah mengatakan bahwa program ini merupakan program yang paling dinanti karena tidak hanya melakukan donasi, tetapi juga merancang beberapa kegiatan seru dengan anak-anak pedesaan.

“Kita ada beberapa rangkaian acara, seperti meet and great dan workshop mengenai pemberdayaan pemuda, fun activities with kids, story telling, penyerahan donasi buku berserta pelatihan manajemen perpustakaan,” ujar Adi sapaan akrabnya. Rabu (23/12/2020)

Adi menambahkan, pihaknya tidak akan melewatkan kesempatan untuk belajar dari masyarakat adat di Kajang mengenai kearifan lokal yang ada di sana.

“Kami juga akan melaksanakan studi budaya adat dengan harapan bahwa kami dapat belajar kearifan lokal dari masyarakat Tana Toa,” tambahnya.

Di samping itu, melihat situasi pandemi Covid-19 saat ini, tim Gerakan 1001 Buku melakukan beberapa antisipasi mencegah penularan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Tentunya dalam kegiatan ini kita akan menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selain itu, kami juga mewajibkan setiap anggota tim untuk membawa tumbler atau tupperware masing-masing untuk mencegah terjadinya penularan,” jelasnya.(*)