Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni saat meninjau areal sawah di Mannuruki, Kecamatan Biringkanayya, Rabu (23/12/2020).

Terancam Puso Akibat Terendam Banjir, DP2 Makassar Tinjau Areal Sawah

Rabu, 23 Desember 2020 | 18:51 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar meninjau areal persawahan di sejumlah titik, Rabu (23/12/2020). Kegiatan dilakukan untuk mengantisipasi puso atau gagal panen. 

Pihaknya khawatir. Sebab, di musim hujan ini, apabila ada banjir justru dapat membuat padi menjadi rusak. Kemudian berujung gagal panen. 

Saat meninjau areal sawah di Mannuruki, Kecamatan Biringkanayya, Plt Kepala DP2 Kota Makassar, Sumarni mengatakan bahwa peninjauan akan rutin dilakukan. Koordinasi ke penyuluh dimassifkan mengingat cuaca saat ini tak menentu.

Untuk sekarang, kata dia, areal sawah yang ada di Makassar masih aman meski sempat terendam banjir. Namun, ia khawatir ini 



“Cuma sehari atau dua hari, tidak masalah. Namun yang kita harus antisipasi hama keong,” kata Sumarni. 

Sumarni berharap seluruh areal persawahan tidak mengalami kerusakan dan bisa panen nantinya. Sehingga, petani tidak merugi kemudian ketersediaan stok beras juga terus aman.

“Jangan sampai kalau empat hari banjir terus, layu padinya. Itu akan terjadi puso,” lanjut Sumarni. 

Jika ada areal sawah yang terendam dan mengalami puso, Sumarni meminta adanya bantuan berupa bibit dan pupuk. Anggaran yang terbatas dan tak masuk dalam APBD, membuatnya berharap bisa dibantu oleh Pemprov Sulsel.

“Kita harapkan kembali bisa dibantu karena petani kita sangat membutuhkan apabila mereka terdampak,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA