Tim PLTSa Makassar saat menyerahkan dokumen FS ke Sekda Makassar, M Ansar di War Room Lantai 10 Balai Kota Makassar pada Rabu (23/12/2020)

Studi Kelayakan Proyek PLTSa Makassar Rampung, Hasil Menunggu Persetujuan Pemkot

Sabtu, 26 Desember 2020 | 13:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTsa) Kota Makassar menemui titik terang. BUMN asal Cina yakni China National Technical Import and Export Corporation (CNTIC) telah merampungkan tahap Feasibility Study (FS) atau Kelayakan Studi.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Tim Koordinasi Percepatan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Sampah Kota Makassar, Saharuddin Ridwan. Hasil dari FS ini, kata dia, bahkan telah diserahkan ke Pemkot Makassar. 

pt-vale-indonesia

“Waktu hari Rabu (23/120/2020) itu, hasil dari FS yang sudah dikerjakan tim konsultan CNTIC sudah kami serahkan ke bapak Sekda (M Ansar),” kata pria yang akrab disapa Sahar ini, Sabtu (26/12/2020).

Sebagaimana diketahui, tahap FS atau Studi Kelayakan wajib mesti dilakukan terlebih dahulu. Tujuannya untuk melihat apakah ada kecocokan dengan proyek prestisius itu. Tidak bisa langsung disepakati begitu saja.

Selanjutnya, dijelaskan Sahar, Pemkot akan membentuk tim penilaian terhadap hasil FS tersebut. Setuju atau tidaknya bergantung kepada penilaian dari mereka dan juga oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, sebagai pengambil kebijakan.

“Tim ini untuk menentukan apakah FS ini sudah layak, sudah sesuai untuk didorong menjadi dokumen tender,” jelasnya Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.

Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar Raya ini berharap, agar hasil dari Studi Kelayakan ini bisa segera disetujui oleh Pemkot Makassar. Sehingga, dapat dilanjutkan ke tahap lelang tender dan bersiap memulai pembangunan proyek.

“Semoga cepat setelah itu kita sudah masuk tahap lelang tender,” tutup Sahar.(*)