Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat melantik pejabat fungsional di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Selasa (29/12/2020)

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Tolak Batasi Kembali Warga Keluar Masuk Makassar

Selasa, 29 Desember 2020 | 14:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kasus Covid-19 di Kota Makassar diketahui terus meningkat. Per tanggal 27 Desember 2020, jumlah terkonfirmasi positif telah mencapai 14.850 kasus.

Pelbagai kebijakan telah diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Salah satu yang sempat diterapkan ialah pembatasan warga keluar masuk kota.

pt-vale-indonesia

Tetapi penerapannya kini dihentikan. Mengingat pelonggaran kebijakan dibutuhkan agar perekonomian warga terkhusus pelaku usaha bisa kembali bergairah. 

Saat ditanya peluang kebijakan ini kembali diterapkan, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menolak untuk menerapkannya lagi. Sebab, menurutnya, bukan lagi warga luar Makassar yang menyebabkan kasus meningkat.

“Bukan lagi karena mobilitas warga masuk ke dalam. Ini barang sudah di Makassar terputar-putar,” kata Rudy saat ditemui di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Selasa (29/12/2020).

Keputusan ini diambilnya usai melihat sejumlah fakta yang ada di lapangan. Ia menilai penularan virus ini berasal dari kontak fisik orang terdekat yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), namun belum terdeteksi.

“Rata-rata orang terkena orang terdekat kita semua. Coba di Kantor Disdukcapil itu terdekat kita yg tinggal di Makassar. Jadi memang ini semakin masif,” sambungnya. 

Pihaknya, disampaikan Rudy, tetap membolehkan warga keluar masuk kota Makassar. Bahkan, di Bandara Internal Sultan Hasanuddin, telah disiapkan rapid test antigen untuk warga yang hendak berpergian.

“Begini, kita sudah kerjasama dengan provinsi. Sekarang ada di bandara hasil sinergitas dengan Pemprov Sulsel, bagaimana kita menjamin warga yang bepergian terjamin merasa aman dan tidak perlu bayar,” tutupnya.(*)


BACA JUGA