Konferensi pers terkait perkembangan kasus Covid-19 di Makassar di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Minggu (03/01/2021).

Vaksinasi Dimulai 14 Januari, Makassar Dipastikan Kebagian Jatah Vaksin Sinovac

Minggu, 03 Januari 2021 | 21:23 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dimulai pada 14 Januari mendatang. Sulsel dikabarkan mendapat jatah sebanyak 66 vaksin Sinovac untuk tahap pertama ini.

Hal ini sebelumnya diungkapkan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) melalui instagram pribadinya, Minggu (03/01/2021). Ia menyebut bahwa sasaran vaksinasi ini dimulai dari tenaga kesehatan (Nakes).

“Untuk vaksinasi Covid-19 akan dilakukan pada 14 Januari 2020 di Sulsel, ini serentak di Indonesia yang dimulai untuk tenaga kesehatan kita,” jelasnya.

Adapun 66 vaksin tersebut nantinya akan disalurkan ke beberapa daerah di Sulsel. Makassar sebagai wilayah yang memiliki kasus Covid-19 tertinggi dipastikan bakal kebagian.



Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah. Namun, ia belum mengetahui secara pasti terkait jumlah vaksin yang akan didapat.

“Untuk Sulsel, jatahnya 66 untuk tahap satu, sesuai data Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK),” kata dara yang akrab disapa Ida ini saat ditemui di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Minggu (03/01/2021).

“Itu akan terus bertambah tergantung dari penambahan data SDMK. Jadi belum bisa dipastikan betul jumlahnya,” sambungnya.

Sembari menanti vaksinasi dimulai, pihaknya hingga kini masih merampungkan data nakes yang bakal mengikuti program tersebut. Mereka yang di vaksin terdata di Kemenkes melalui SDMK.

“Sampai saat ini, yang terdata sebagai SDMK di Kota Makassar sebanyak 1490, ini sementara saja, karena pendataan baru selesai di jam 23.00 WITA nanti,” tutup Ida. (*)


BACA JUGA