Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75.

Momentum HAB ke-75, Ini Harapan Bupati Adnan

Selasa, 05 Januari 2021 | 21:04 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi inspektur pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Tahun Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Gowa di Aula Madrasah Aliyah Arifah Pallangga, Selasa (5/1/2020).

 

Bupati Adnan mengatakan momentum peringatan HAB ini kebersamaan dan kekompakan harus selalu terjalin. Pasalnya dalam menjalankan suatu pemerintahan dibutuhkan dukungan dari seluruh pihak termasuk dari Kementerian Agama. 

 



“Seluruh pekerjaan tentu butuh dukungan dari stakeholder sehingga mari jadikan ini sebagai momentum untuk selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan kita dan memberikan kontribusi terbaik kita untuk Kabupaten Gowa,” katanya. 

 

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut turut diapresiasi Bupati Gowa, menurutnya cara ini salah satu mempedomani sunah rasul dan berharap sifat-sifat rasul lainnya bisa diterapkan jajaran kementerian agama Kabupaten Gowa. 

 

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gowa ini membacakan sambutan seragam Menteri Agama RI yang mengatakan, Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Hal itu sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. 

 

“Tanpa kerukunan akan susah menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajardengan bangsa lain di dunia,” ungkapnya. 

 

Selain itu, dirinya mengingatkan semangat kementerian agama dalam mengelola kementerian yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pelayanan keagamaan. 

 

“Penguatan moderasi beragama seperti penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan serta merawat persaudaraan sesama umat seagama,” ungkapnya. 

 

Tak hanya itu, dirinya juga mengingatkan semangat kementerian agama dalam mengelola kementerian yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pelayanan keagamaan. 

 

“Penguatan moderasi beragama seperti penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan serta merawat persaudaraan sesama umat seagama,” jelasnya. 

 

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gowa, Hj Adliah mengatakan kegiatan ini juga dirangkaian dengan penyerahan satya lencana kepada ASN kemenag Gowa yang mengabdi 10, 20 dan 30 tahun. 

 

“Ada 101 orang yang mendapatkan satya lencana pada HAB ini. Bahkan walaupun covid masih melanda kami tetap melaksnaakan berbagai kegiatan yaitu donor darah, lomba kebersihan antar KUA se-Kabupaten Gowa namun ttap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA