Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat ditemui di Kantor Dinkes Sulsel, Selasa (05/01/2021).

Sejumlah Kepala Daerah Siap Pertama Divaksin, Gubernur NA Tunggu Petunjuk Pusat

Selasa, 05 Januari 2021 | 20:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Vaksin Covid-19 Sinovac kini telah didistribusikan di 34 provinsi. Di Sulawesi Selatan (Sulsel), Pemprov telah menerima sebanyak 30.000 unit vaksin yang telah tiba pada Selasa, (05/01/2021).

Vaksinasi dijadwalkan dimulai 13 Januari nanti. Presiden Republik Indonesia (RI), Jokowi Widodo (Jokowi) menyatakan siap menjadi orang pertama yang bakal di vaksin nanti.

Menyusul kabar tersebut, sejumlah kepala daerah dikabarkan juga siap menjadi penerima pertama. Diantaranya, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Ditanya soal kesiapannya menjadi orang pertama divaksin di Sulsel, Gubernur, Nurdin Abdullah (NA) menyebut jika dirinya masih menunggu petunjuk dari pusat. Kemudian baru bisa mengambil keputusan. 



“Yah kita tunggu petunjuk lah, menunggu petunjuk dulu,” sebut Nurdin saat ditemui di Dinkes Sulsel, Selasa (05/01/2021).

Kendati masih menunggu petunjuk pusat, Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini menyebut masyakarat tak perlu khawatir disuntik. Sebab, uji klinis telah dilewati.

“Yang pasti vaksin ini sudah lewat uji klinis. Insha Allah tidak ada dampak apa-apa,” katanya.

Terlepas dari itu, ia menyebut bahwa vaksinasi mesti dilakukan lebih dulu oleh tenaga kesehatan (Nakes). Hal ini sudah menjadi aturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kalau yang ada sekarang buat nakes, jadi harus nakes dulu,” tutup pria asal Parepare ini. (*)


BACA JUGA