Perumda Air Minum Makassar mengumumkan pembersihan Pulsator secara berkala dimulai besok, Kamis (06/01/2021).

Perumda Bersihkan Pulsator, Suplai Air di Makassar Utara Disetop Sementara

Rabu, 06 Januari 2021 | 15:44 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar melakukan pembersihan Pulsator di IPA II Panaikang. Kegiatan ini akan berlangsung besok, Kamis (07/01/2021).

Disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas Perumda Air Minum Kota Makassar, Muhammad Rusli, ada dua Pulsator yang bakal dibersihkan. Pembersihan akan dilakukan secara bertahap.

“Jadi Pulsator B duluan tanggal 7 kemudian Pulsator A tanggal 13 Januari,” ucap Rusli, Rabu (06/01/2021).

Pembersihan, kata Rusli, dikerjakan secara bertahap dan mengalami penurunan tekanan air. Sehingga, suplai kemungkinan tidak lancar utamanya di daerah ketinggian dan yang berada di ujung pipa. Namun, ia meminta para pelanggan untuk bersabar selagi pengerjaan.



Pasalnya, suplai air akan disetop sementara sembari petugas teknis melakukan pembersihan. Adapun wilayah yang berdampak adalah Makassar Bagian Utara, terdiri dari Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, Bontoala, Biringkanayya, Tamalanrea, sekitar Urip Sumoharjo, dan sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Mungkin agak terganggu, jadi kita berharap pelanggan bisa menunggu. Karena cepat ji juga hanya 12 jam pengerjaan. Jadi sebelum ada pembersihan, kami imbau juga untuk mereka menampung air,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Pulsator ini sendiri adalah salah satu bagian dari instalasi penjernihan air. Di mana berfungsi untuk memisahkan air dan lumpur. Sehingga, dalam rentang waktu tertentu, harus dibersihkan karena tumpukan lumpur. 

Untuk menjaga kualitas air yang akan di distribusikan kepada pelanggan, harus dilakukan pengurasan lumpur secara berkala. Dan memang merupakan agenda rutinitas di kala musim hujan datang.

“Kita bersihkan lumpur yang ada karena musim hujan ini air di IPA jadi coklat, makanya kita bersihkan supaya air bisa jernih lagi,” tutupnya. (*)


BACA JUGA