illustrasi ASN/int

Balada Nasib ASN Pemkot Makassar, Belum Terima Gaji dan TPP

Jumat, 15 Januari 2021 | 22:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dirundung masalah. Mereka mengalami keterlambatan mendapat gaji dan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP).

ASN sejatinya telah menerima Gaji dan TPP di awal bulan Januari 2021. Akan tetapi, hingga saat ini harapan itu pupus karena tak kunjung ia terima.

Salah satu ASN Pemkot Makassar yang enggan disebutkan namanya mengaku telah bosan menunggu. Sudah kurang lebih dua pekan gaji dan TPP-nya tak kunjung diterima.

“Yah manusiawi, karena semua PNS ini sekarang lagi menunggu dan merasakan hal yang sama,” ungkapnya, Jumat (15/01/2021).

Salah satu dampak keterlambatan menerima gaji dan TPP, kata dia, adalah menunggaknya cicilan dan angsuran miliknya. Padahal itu harus dibayarkan setiap bulannya.

Namun informasi yang ia terima dari rekannya bahwa tidak lama lagi gaji dan TPP bakal segera dicairkan. Saat ini dirinya hanya diminta untuk terus bersabar.

“Saya dapat info dari teman di tempat lain yah kita hanya disuruh bersabar dulu dan Insya Allah dalam waktu dekat sudah dicairkan, gaji Januari 2020 dan TPP untuk Desember 2020,” katanya.

Ia merasa heran, semenjak diberlakukannya TPP di Makassar baru kali mengalami keterlambatan. Sebelumnya selalu tepat waktu.

Dikonfirmasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M Ansar membenarkan hal tersebut. TPP ASN untuk bulan Desember, ungkap dia, maman mengalami penundaan.

Sementara untuk Gaji pegawai lanjut Ansar juga tertunda secara nasional. Jadi bukan hanya di Kota Makassar dan Provinsi Sulsel.

Menurut Ansar, keterlambatan dikarenakan adanya gangguan dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Akibatnya pembayaran gaji terlambat.

“Jadi semua yang pakai SIPD terganggu, tetapi Insha Allah dalam waktu dekat bisa selesai. Sistem ini dari pusat bukan dari kita (Pemkot Makassar),” imbuhnya.

Ansar juga memastikan TPP untuk PNS akan dirapel di bulan berikutnya yakni di Februari 2021 mendatang, “Paling cepat 1 Februari, akan dirafel untuk Desember dan Januari,” ucapnya.

Aplikasi SIPD, dikatakan Ansar, baru diterapkan oleh Pemkot Makassar untuk tahun ini. Tak ayal, mika keterlambatan bisa saja terjadi.

“Sebelum-sebelumnya kan tidak pernah begini, tetapi baru tahun ini kita pakai ISPD jadi baru menyesuaikan itulah kenapa ada keterlambatan, pungkas Ansar. (*)


BACA JUGA