Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin bersama Camat Manggala, Anshar Umar saat meninjau lokasi banjir di Blok 8 Perumnas Antang, Rabu (20/12/2021)

Banjir di Perumnas Antang, BPBD: 125 KK Mengungsi 500 Rumah Terendam

Rabu, 20 Januari 2021 | 11:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat adanya 125 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Ini akibat banjir yang tengah terjadi di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Rabu (20/1/2021).

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Makassar, Muhamamd Rusli. Sementara itu, kata dia, sudah ada 500 rumah yang terendam semenjak diguyur hujan intensitas tinggi pada Selasa (19/1/2021) kemarin.

“Laporan untuk Manggala ini 125 KK jadi lebih sedikit dari yang bulan Desember 2020 kemarin. Jmlah rumah kurang lebih 500,” kata Rusli saat ditemui di Kantor Camat Manggala.

Mereka yang terdampak telah dipindahkan ke Masjid dan rumah tetangga. Rusli menyebut bahwa sejumlah bantuan juga sudah diberikan. 

“Seperti selimut, sarung dan lain sebagainya. kita memang sudah menyiapkan sebatas itu,” sambung Rusli.

Sebagaimana diketahui, banjir di Perumnas Antang kembali terjadi setelah juga terendam pada Desember 2020 lalu. Hujan intensitas yang tinggi pada Selasa (19/01/2021) membuat pemukiman warga terendam hingga ketinggian 1,5 meter.

Merespon bencana tersebut, BPBD sebelumnya telah bergerak membantu warga mengungsi. Bantuan logistik pun juga langsung diberikan.

Sementara itu Camat Manggala, Anshar Umar mengaku bahwa pihaknya terus memantau situasi di lokasi banjir. Menurutnya, bantuan kebutuhan pokok saat ini menjadi perhatian utama demi keberlangsungan hidup para pengungsi.

“Iya sudah, bantuan-bantuan juga kita terus berikan,” ucap Anshar.(*)