PT Bosowa Berlian Motor menyerahkan Mitsubishi Fighter untuk keperluan pertambangan, Senin (18/1/2021)

Penuhi Keperluan Pertambangan di Sulsel, Bosowa Berlian Motor Serahkan Mitshubishi Fighter

Rabu, 20 Januari 2021 | 10:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebagai Authorized Dealer truk Mitsubishi FUSO, PT Bosowa Berlian Motor membuka tahun dengan pemenuhan unit Customer Fleet di berbagai daerah. Salah satunya, penyerahan Mitsubishi Fighter untuk keperluan pertambangan di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Senin, (18/01/2021).

Melalui PT Topabiring Trans Logistik, BBM menyerahkan 15 unit truk Heavy Duty. Nantinya digunakan mengangkut bahan baku keperluan produksi semen.

pt-vale-indonesia

Direktur Utama (Dirut) PT Topabiring, Abdul Rachmat Noer menjelaskan, truk 10 Roda ini dipakai untuk mengangkut material berat. Seperti berbagai jenis bahan galian dan bebatuan.

“Saat ini, kami sedang meningkatkan aktifitas guna memenuhi permintaan pasar, khususnya bahan baku semen,” jelas Rachmat.

“Olehnya, kami membutuhkan truk medium untuk menambah kapasitas angkut. Pada awal tahun 2021 ini, sedikitnya 30 unit truk kami butuhkan untuk meremajakan alat produksi,” lanjutnya.

Untuk tahap awal, 15 unit akan digunakan untuk pengangkutan bahan tambang dengan volume yang besar. “Olehnya, kami memilih Mitsubishi jenis 6×4 untuk mendukung pekerjaan di lapangan,” katanya. 

National Operation Head PT BBM, Berlan Sumadi menjelaskan bahwa unit yang diserahkan sudah melalui uji kelayakan. Terkhusus dirancang agar tahan benturan.

“Dump Truk yang kami serahkan menggunakan bak yang dirancang khusus. Selain itu, bentuknya juga disesuaikan agar mampu menampung dan menahan bobot yang berat,” jelasnya.

“Apalagi jalur yang akan dilalui cukup berat karena memiliki tanjakan,” ungkap Berlan.

Mitsubishi Fighter

Mitsubishi FUSO Fighter FN 62 F HD-R dibekali mesin common Rail berkapasitas 7.545 cc. Mesin ini diklam mampu menghembuskan tenaga hingga 270 PS.

Truk ini dirancang bukan untuk mengutamakan kecepatan melainkan kekuatan dalam melahap tanjakan. Olehnya, rasio gardan dibuat paling besar diantara varian Truk Fuso Fighter yaitu 7.400 final ratio.

Dengan sistem penggerak 6×4, membuat FN 62 F fleksibel dalam hal kegunaan. Mulai dari bak kayu biasa, dump truck, atau pengangkut motor box.

“Dengan pemenuhan unit customer Fleet ini diharapkan mampu mendongkrak produksi berbagai perusahaan di Sulsel. Dengan bergeraknya produksi, diharapkan perekonomian semakin cepat puluh dimasa pandemi,” tutup Berlan.(*)


BACA JUGA