Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto saat menghadiri Sosialisasi Juklak Balitbang Hukum dan HAM, Rabu (20/01/2021)

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Sosialisasi Juklak Balitbang Hukum dan HAM

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel, Harun Sulianto bersama Kepala Divisi (Kadiv) Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham), Anggoro Dasananto mengikuti Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Balitbang di Kantor Wilayah Tahun 2021. Acara yang bertempat di Kanwil Kemenkumham Sulsel ini diselenggarakan secara virtual oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Rabu (20/1/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan kelitbangan perlu adanya sinkronisasi visi, misi, tujuan dan sasaran strategis Balitbang Kumham. 

“Balitbang Kumham merupakan sumber pemikiran Kementerian Hukum dan HAM yang sasaran programnya berupa dukungan manajemen terwujudnya perumusan kebijakan Kemenkumham berbasis Riset,” jelas Sri.

Ia juga menyampaikan ada 4 kegiatan kelitbangan di Kanwil, antara lain kajian terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham dalam pembentukan, penegakan dan layanan Hukum, melakukan monitoring atas hasil survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), analisis atas permasalahan hukum dan HAM, dan sosialisasi hasil penelitian hukum dan HAM melalui diskusi dalam jaringan.

“Terkait beberapa kegiatan tersebut, kami meminta dukungan kepada semua Kanwil. Kolaborasi ini adalah bentuk kerjasama, interaksi, konfromi beberapa elemen terkait secara individu dan kelembagaan dari berbagai pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Semoga kunci pelaksanaan kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua,” tutupnya.

Sementara itu, Kadiv Yankumham Anggoro Dasananto mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan seluruh kegiatan Balitbang Kumham. “Kami mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh Balitbang Kumham di tahun 2021 di Kanwil terkhusus di Sulsel,” ungkap Anggoro. 

Sementara itu, Kabid HAM, Utary Sukmawaty yang ikut hadir juga mengungkapkan bahwa di tahun 2020 lalu, dukungan secara maksimal juga telah dilakukan oleh Kanwil Sulsel. Olehnya, program ini mesti dijalankan dengan maksimal.

“Pada perumusan kebijakan Kemenkumham berbasis riset di Sulsel telah mencapai 100 persen dan telah menghasilkan 1 Buku. Hal ini sejalan dengan target dari indikator kinerja kegiatan kelitbangan Kanwil Kemenkumham Sulsel. Sedangkan untuk realisasi anggaran penyelenggaraan penelitian dan pengembangan Hukum dan HAM di wilayah mencapai 99,37 persen,” kata Utary.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yakni Kepala Pusat (Kapus) Litbang Hukum Ceno Hersusetiokartiko, Kapus Litbang HAM T Daniel L. Tobing, Kapus Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Asep Syarifuddin, dan Kapus Pengembangan Data dan Informasi Penelitian Hukum dan HAM Aman Riyadi. 

Turut hadir juga, Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Hukum dan HAM, Andi Rahmat. Lalu Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM, Medy Zulqadri beserta Jajaran JFU Bidang HAM.(*)