Ketua Golkar Sulsel, Taufan Pawe saat menyerahkan bantuan sembako ke korban Gempa Sulbar

Tiga Truk Bantuan IIPG Tiba, Kader Golkar ‘Maraton’ Bagi Sembako ke Korban Gempa

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAMUJU, GOSULSEL.COM — Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG), Yanti Airlangga Hartarto kembali memberikan bantuan kepada para korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan berupa sembako itu tiba dengan tiga truk.

Tiga truk tersebut membawa bantuan yang dibutuhkan para korban bencana saat ini seperti tenda, selimut, pakaian dalam anak-anak dan dewasa, popok bayi, pembalut, beras, ikan kaleng, telur, mie instan, vitamin, minyak kayu putih dan obat-obatan, serta pembagian masker.

Bantuan ini disalurkan bersamaan dengan bantuan Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan kader Golkar Sulsel. Kader Golkar Sulsel kembali keliling meyalurkan bantuan di Kota Mamuju, Rabu (20/01/2021).

Setelah menyisir Kota Mamuju, kader Golkar menuju Kabupaten Majane. Disana kader kembali menyalurkan sembako ke tiga wilayah. Pertama Kecamatan Tapalang, kedua Malunda, dan terakhir di Kecamatan Sendana.

Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe (TP) mengatakan, saat ini dirinya sudah empat hari berada di Kota Mamuju. Hal ini merupakan amanah langsung Ketum Airlangga Hartarto agar Partai Golkar bergerak cepat dalam membantu para korban gempa bumi.

“Kepekaan Pak Airlangga ini kami menerjemahkan dengan baik untuk membetuk tim gerak cepat. Sehari setelah gempa kita sudah ada disini. Kita sudah dirikan Posko Golkar Peduli. Mendirikan dapur umum dan posko kesehatan,” kata Taufan saat menyalurkan bantuan di Stadion Manakarra Mamuju.

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, pada saat hari pertama dirinya tiba, kader Golkar melakukan pemetaan untuk mengetahui karakter bencana dan para korban. Setelah dicermati, banyak warga merupakan korban reruntuhan dan trauma untuk kembali menempati rumah mereka. Setelah itu kader Golkar melakukan penyisiran untuk mengetahui dampak bencana.

“Kerja-kerja Golkar Sulsel yang merupakan perpanjang tangan dari DPP dalam hal ini Pak Airlangga memang secara massif dan terstruktur untuk melakukan penyaluran bantuan agar tepat sasaran. Jadi kalau warga butuh popok kita kasi itu, atau butuh beras kita kasi beras,” jelas TP.

Taufan menambahkan, hal yang paling menggembirakan yakni Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga Hartarto turut berkontribusi dengan menyalurkan bantuan begitu banyak. Mulai dari program Posko Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan bantuan sembako tiga truk yang tiba hari ini.

“Kita patut syukuri bukan hanya Pak Airlangga yang punya kepekaan kemanusiaan dan pikiran responsif untuk terlibat dalam bencana ini tetapi rupanya istri beliau Ibu Yanti juga berkontribusi. Jadi kader Golkar masih berada disini. Karena dukungan moril dan materil beliau untuk kader semua mereka salurkan,” tambahnya.

Menurutnya, kehadiran Partai Golkar di tengah masyarakat Sulbar yang berduka merupakan hal wajib untuk kader. Sebab, sesungguhnya Golkar harus hadir di tengah masyarakat. 

“Golkar bukan hanya simbol. Golkar bukan partai baru kemarin. Tetapi Golkar sesungguhnya sudah terbukti dari berbagai rezim yang ada. Khusus Sulsel, saya berkomitmen dan menyampaikan ke Pak Airlangga bahwa percayalah, Golkar Sulsel membawa misi-misi baru ke Golkaran di Sulsel,” pungkasnya.

Sementara salah satu pengungsi di Stadion Manakarra, Herman, 57 tahun mengaku bersyukur atas bantuan yang diterimanya dari Partai Golkar. Menurutnya, bantuan Golkar merupakan bantuan satu-satunya ia terima dari organisasi partai.

“Saya bukan mau mengada-ada pak karena ada ki disini. Tapi memang, kalau bicara bantuan dari partai, besoknya setelah kejadian, baru Partai Golkar yang intens berikan kami bantuan sempai hari ini pak. Saya ucapkan untuk kita semua kader Golkar. Mudah-mudahan kebaikan Partai Golkar dibalas oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Diketahui, sejak Posko Golkar Peduli di Kota Mamuju didirikan, bantuan Partai Golkar sangat dirasakan masyarakat. Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Sulbar, Andi Ali Baal Masdar.

Seperti Dapur Umum Golkar. Dapur ini setiap hari memproduksi 4.500 makan/minum warga. Baik makan pagi, siang, dan malam hari.

Sementara Posko Pemeriksaan Kesehatan Gratis Golkar setiap harinya melayani puluhan warga. Para dokter Golkar setiap harinya melayani pasien yang mengeluhkan penyakit ispa, kulit, hipertensi, diabetes, kolestrol, dan lainnya. Bagi warga tidak bisa ke posko, dokter Golkar juga memiliki program door to door ke rumah warga.(*)